PENYELAMATAN KREDIT BERMASALAH DAN PENYELESAIAN KREDIT MACET DI BANK BRI CABANG SELAYAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 = Troubled Credit Rescue and Bad Credit Settlement at Bank BRI Selayar Branch during the Covid-19 Pandemic


Mahendra, Junio Caesar (2024) PENYELAMATAN KREDIT BERMASALAH DAN PENYELESAIAN KREDIT MACET DI BANK BRI CABANG SELAYAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 = Troubled Credit Rescue and Bad Credit Settlement at Bank BRI Selayar Branch during the Covid-19 Pandemic. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011171561_skripsi_29-01-2024 cover1.png

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171561_skripsi_29-01-2024 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171561_skripsi_29-01-2024 dp.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
B011171561_skripsi_29-01-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

JUNIO CAESAR MAHENDRA (B011171561), dengan judul “Penyelamatan Kredit Bermasalah dan Penyelesaian Kredit Macet di Bank BRI Cabang Selayar Pada Masa Pandemi Covid-19”. Dibimbing oleh Nurfaidah Said sebagai Pembimbing Utama dan Achmad sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kredit macet pada Kantor Bank BRI Cabang Selayar pada masa pandemi covid-19 dan untuk mengetahui dan menganalisis upaya penyelesaian kredit bermasalah pada Kantor Bank BRI Cabang Selayar selama masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah tipe penelitian empiris, Data yang digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa studi dokumen yang kemudian diolah dan selanjutnya diuraikan secara deksriptif dan kualitatif secara deskriptif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan studi literatur yang dilakukan ditemukan bahwa; 1) faktor-faktor yang menjadi penyebab kredit macet pada Kantor Bank BRI Cabang Selayar faktor internal, yakni prosedur pemberian kredit yang kurang komprehensif, penyimpangan dalam pelaksanaan prosedur prekreditan, sedangkan dari faktor eksternal, yakni timbulnya pandemi covid-19; 2) penyelesaian kredit bermasalah pada Kantor Bank BRI Cabang Selayar dilakukan dengan resktrukturisasi dengan melalui negosiasi dan eksekusi, yakni dengan melakukan kajian dengan tujuan melihat persyaratan, status agunan, potensi risiko, dan penanganannya.

Kata kunci : Kredit Bermasalah, Kredit Macet, Pandemi Covid-19,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Non-Performing Loans, Bad Debt, Covid-19 Pandemic
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 17 May 2024 06:58
Last Modified: 17 May 2024 06:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33618

Actions (login required)

View Item
View Item