PENGARUH PEMBERIAN TERAPI ADJUVAN OMEGA-3 TERHADAP PERBAIKAN GEJALA KLINIS DAN KADAR TUMOR NECROSIS FACTOR ALPHA (TNF-ALPHA) SERUM PASIEN SKIZOFRENIA YANG MENDAPAT ANTIPSIKOTIK RISPERIDON = Effect of Adjuvant Omega-3 Therapy on Improvement of Clinical Symptoms and Serum Levels of Tumor Necrosis Factor Alpha (TNF-Alpha) in Schizophrenic Patients Receiving Antipsychotic Risperidone


Abbas, Nur Insani (2023) PENGARUH PEMBERIAN TERAPI ADJUVAN OMEGA-3 TERHADAP PERBAIKAN GEJALA KLINIS DAN KADAR TUMOR NECROSIS FACTOR ALPHA (TNF-ALPHA) SERUM PASIEN SKIZOFRENIA YANG MENDAPAT ANTIPSIKOTIK RISPERIDON = Effect of Adjuvant Omega-3 Therapy on Improvement of Clinical Symptoms and Serum Levels of Tumor Necrosis Factor Alpha (TNF-Alpha) in Schizophrenic Patients Receiving Antipsychotic Risperidone. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
C065191005_tesis_19-10-2023 CAVER1.jpg

Download (244kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C065191005_tesis_19-10-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C065191005_tesis_19-10-2023 DP.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C065191005_tesis_19-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan: Patogenesis skizofrenia masih belum jelas; Namun, peradangan saraf dianggap sebagai faktor potensial. Beberapa peneliti juga mengusulkan bahwa gangguan kekebalan mungkin terlibat dalam etiologi dan patofisiologi skizofrenia. Kadar sitokin dan reseptor proinflamasi yang tidak normal telah ditemukan pada darah tepi dan cairan serebrospinal pada pasien skizofrenia. Dalam beberapa tahun terakhir, perhatian yang semakin besar terkonsentrasi pada peran intervensi nutrisi pada penyakit neurologis dan mental untuk memaksimalkan efek komponen nutrisi pada fungsi otak, plastisitas saraf, dan kesehatan mental termasuk pemberian terapi tambahan untuk membantu pasien skizofrenia mencapai fungsi hidup yang lebih baik.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analisis eksperimen, dengan pendekatan pre-posttest with control group (pretestposttest randomized design), yang dilaksanakan di Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia pada bulan Januari-April 2023 dan pengujian sampel dilakukan pada bulan JanuariApril 2023. Laboratorium Penelitian RSPTN UNHAS. Subyek penelitian adalah pasien skizofrenia rawat inap sebanyak 44 orang yang mendapat risperidone dosis terapeutik dan dialokasikan secara acak pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol yang berjumlah masing-masing 22 orang. Kelompok perlakuan diberikan kapsul Omega-3 dengan dosis 2400 mg (1 kapsul/24 jam/oral selama 8 minggu. Perbaikan gejala klinis diukur menggunakan PANSS (Positive and Negative Syndrome Scale) pada minggu ke 0 (baseline), minggu ke 4, dan minggu ke 8.
Hasil: Terdapat perbaikan gejala klinis berupa penurunan skor PANSS, gejala positif, gejala negatif dan psikopatologi umum baik pada kelompok perlakuan maupun kontrol. Namun hasil yang lebih baik terjadi pada kelompok perlakuan dibandingkan kelompok kontrol terutama pada 4 minggu pertama intervensi, dimana pada kelompok perlakuan total skor PANSS mengalami penurunan sebesar 29,6%, sedangkan pada kelompok kontrol total skor PANSS mengalami penurunan sebesar 29,6%. hanya 14,9%. Sedangkan untuk penanda inflamasi TNF-alpha terjadi penurunan yang signifikan sebesar 45,9% setelah 8 minggu pemberian omega-3, sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan omega-3 tidak terjadi perubahan kadar TNF-alpha yang signifikan.
Kesimpulan: Pemberian terapi adjuvan omega-3 berkontribusi terhadap perbaikan gejala klinis yang lebih baik pada 4 minggu pertama terapi dan penurunan penanda inflamasi TNF-alpha dibandingkan dengan kelompok yang hanya mendapat terapi antipsikotik konvensional.

Kata kunci: Skizofrenia, Risperidone, TNF-α, Omega-3.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Schizophrenia, Risperidone, TNF-α, Omega-3.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > PPDS Ilmu Kedokteran Jiwa - Psikiatri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 May 2024 05:40
Last Modified: 16 May 2024 05:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33569

Actions (login required)

View Item
View Item