PENGARUH TERAPI ADJUVAN STATIN TERHADAP KADAR IL-6 SERUM, PEMERIKSAAN PROFIL LIPID DAN GEJALA KLINIS PADA PASIEN SKIZOFRENIA YANG DITERAPI DENGAN RISPERIDON = Effect of statin adjuvant therapy on IL-6, lipid profile examination and clinical symptoms in schizophrenic patients treated with risperidone


Ardiansyah, Ardiansyah (2023) PENGARUH TERAPI ADJUVAN STATIN TERHADAP KADAR IL-6 SERUM, PEMERIKSAAN PROFIL LIPID DAN GEJALA KLINIS PADA PASIEN SKIZOFRENIA YANG DITERAPI DENGAN RISPERIDON = Effect of statin adjuvant therapy on IL-6, lipid profile examination and clinical symptoms in schizophrenic patients treated with risperidone. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
C065191002_tesis_19-10-2023 CAVER1.jpg

Download (297kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C065191002_tesis_19-10-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C065191002_tesis_19-10-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C065191002_tesis_19-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Skizofrenia merupakan penyakit mental yang disebabkan oleh interaksi gen-lingkungan. Ada peran disregulasi inflamasi pada patogenesis skizofrenia yang ditandai dengan peningkatan kadar interlukin-6 serum. Penggunaan antipsikotik generasi pertama dapat menyebabkan timbulnya gejala negatif skizofrenia. Pengobatan menggunakan adjuvan antiinflamasi memberikan potensi efek yang lebih baik dengan menurunkan gejala negatif. Statin telah diperkenalkan sebagai agen antiinflamasi yang dapat digunakan sebagai adjuvan terapi skizofrenia.
Tujuan: mengetahui pengaruh terapi adjuvan statin terhadap IL-6 serum, profil lipid dan gejala klinis pada pasien skizofrenia yang diterapi dengan risperidone.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain Randomized clinical trial dengan pendekatan double-blind. Penelitian dilakukan pada 36 pasien skizofrenia yang dirawat di Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi Provinsi Sulawesi Selatan. Pasien dikelompokkan menjadi 2 secara acak yaitu 18 pasien diberi risperidon 4-6 mg/hari dan terapi adjuvan simvastatin oral 40 mg/hari selama 8 minggu (perlakuan) dan 18 pasien diberikan risperidon 4-6 mg/hari (kontrol). Dilakukan pengukuran kadar IL-6 serum dan profil lipid berupa kadar trigliserida, kolesterol, HDL dan LDL pada sebelum terapi dan 8 minggu. Dilakukan pengukuran gejala klinis PANSS pada sebelum terapi, 4 minggu dan 8 minggu pasca terapi. Data dianalisis dengan uji Independent sample t test, Mann Whitney, paired t test, Wilcoxon, korelasi Spearman dan chi square.
Hasil: Hasil menunjukkan bahwa ada penurunan signifkan kadar IL-6 serum pada kelompok perlakuan, namun tidak pada kontrol. Terdapat penurunan kadar IL-6 serum pasien skizofrenia yang mendapatkan terapi adjuvan statin yang lebih besar (51.1%) dibandingkan pada pasien skizofrenia yang hanya mendapatkan terapi risperidone (33.2%). Pasien skizofrenia yang mendapat adjuvan statin mengalami perbaikan gejala klinis yang sangat banyak, namun pada tanpa adjuvan perbaikan gejala klinis hanya perbaikan sedang. Penggunaan adjuvan statin dapat menurunkan kadar kolesterol, trigliserida dan LDL dan meningkatkan kadar HDL setelah terapi 8 pekan. Semakin menurun kadar IL-6 serum pasien skizofrenia berhubungan dengan semakin menurunnya skor PANSS yang menunjukkan terjadinya perbaikan klinis yang semakin membaik pada terapi adjuvan statin risperidon.
Kesimpulan: Terapi adjuvan simvastatin secara oral 40 mg/hari selama 8 minggu mampu menurunkan gejala klinis, kadar IL-6 serum dan perbaikan profil lipid yang lebih baik dibandingkan hanya terapi dengan risperidon.

Kata kunci: Kadar interleukin-6 serum, risperidon, skizofrenia, statin.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: interleukin-6, risperidone, schizophrenia, statins
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > PPDS Ilmu Kedokteran Jiwa - Psikiatri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 May 2024 03:06
Last Modified: 16 May 2024 03:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33567

Actions (login required)

View Item
View Item