PERBANDINGAN FUNGSIONAL OUTCOME MENGGUNAKAN CONSTANT AND MURLEY SCORE ANTARA METODE OPERATIF DAN NON-OPERATIF PADA FRAKTUR CLAVICULA MIDSHAFT DI MAKASSAR = COMPARISON OF CONSTANT AND MURLEY SCORE BETWEEN OPERATIVELY AND NONOPERATIVELY MANAGED MIDSHAFT CLAVICLE FRACTURES IN MAKASSAR


Akbar, Andhika Aulia (2022) PERBANDINGAN FUNGSIONAL OUTCOME MENGGUNAKAN CONSTANT AND MURLEY SCORE ANTARA METODE OPERATIF DAN NON-OPERATIF PADA FRAKTUR CLAVICULA MIDSHAFT DI MAKASSAR = COMPARISON OF CONSTANT AND MURLEY SCORE BETWEEN OPERATIVELY AND NONOPERATIVELY MANAGED MIDSHAFT CLAVICLE FRACTURES IN MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C045172010_tesis_18-01-2023 cover1.jpg

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
C045172010_tesis_18-01-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C045172010_tesis_18-01-2023 dp.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C045172010_tesis_18-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 March 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ANDHIKA AULIA AKBAR. Perbandingan fungsional outcome menggunakan constant and murley score antara metode operatif dan nonoperatif pada fraktur clavicula midshaft di Makassar (dibimbing oleh M. Nasser Mustari, Jufri Latief, Firdaus Hamid, Arman Bausat, dan Sachraswaty R. Laidding).
Fraktur klavikula adalah hilangnya kontinuitas tulang klavikula, salah satu tulang pada sendi bahu. Skor Constant dan Murley merupakan salah satu sistem skor sendi bahu pertama yang dikembangkan dan dianggap sebagai sistem penilaian paling umum digunakan untuk evaluasi berbagai gangguan bahu. Skor Constant dan Murley telah disetujui oleh komite eksekutif European Society for Surgery of the Shoulder and the Elbow dan telah secara luas digunakan sebagai metode penilaian fungsi bahu. Hingga saat ini belum terdapat penelitian mengenai penggunaan skor tersebut pada populasi pasien fraktur klavikula di Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan true eksperimental design, yaitu dilakukan perlakuan dengan satu kelompok memperoleh intervensi operasi, sedangkan kelompok lainnya dengan prosedur nonperasi. Populasi penelitian ini adalah pasien dengan fraktur klavikula di RS Wahidin Sudirohusodo, RS Pendidikan Unhas, dan RS jejaring di Makassar periode Agustus 2021 – Januari 2022. Variabel yang dinilai yaitu umur, jenis kelamin, status gizi, sisi yang terlibat, mekanisme cedera, jenis komplikasi, dan jenis tindakan terhadap skor Constant-Murley yang secara statistik bermakna jika p < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSM berbeda dengan secara signifikan berdasarkan usia, jenis komplikasi, dan jenis prosedur (p < 0,05), tetapi tidak berdasarkan jenis kelamin, status gizi, sisi yang terlibat, dan mekanisme cedera. Terdapat perbedaan signifikan antara umur, jenis kelamin, dan jenis tindakan terhadap rerata skor Constant and Murley pada pasien fraktur klavikula. Dengan demikian, skor Constant and Murley dapat dijadikan skor prognostik untuk menilai secara komprehensif luaran fungsional dari sendi bahu khususnya pasien dengan fraktur klavikula.

Kata kunci : fraktur klavikula, operatif, nonoperaif, Constant and Murley

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Clavicle fracture, Operative, Nonoperative, Constant and Murley.
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > PPDS Ilmu Bedah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 May 2024 01:39
Last Modified: 31 May 2024 01:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33524

Actions (login required)

View Item
View Item