Kontribusi Internship Experience terhadap Career Adaptability dengan Conscientiousness sebagai Moderator Pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Kota Makassar = Contribution of Internship Experience to Career Adaptability with Conscientiousness as Moderator Variable for Final Year Undergraduate Students in Makassar City


Kusuma, Siti Nirmala (2023) Kontribusi Internship Experience terhadap Career Adaptability dengan Conscientiousness sebagai Moderator Pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Kota Makassar = Contribution of Internship Experience to Career Adaptability with Conscientiousness as Moderator Variable for Final Year Undergraduate Students in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
C021191025_skripsi_04-08-2023 caver1.jpg

Download (251kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C021191025_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C021191025_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C021191025_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 March 2026.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Di era teknologi dan globalisasi, dunia kerja menuntut calon tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, kemampuan dan keterampilan, kualitas kerja yang tinggi, serta kepribadian yang tangguh. Salah satu calon tenaga kerja yang akan memasuki dunia kerja adalah mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa tingkat akhir yang akan menghadapi transisi dari perguruan tinggi ke dunia kerja, diharapkan memiliki career adaptability yang tinggi untuk menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi pada lingkungan, berpartisipasi dalam peran kerja, dan bertanggung jawab dalam mempersiapkan diri terhadap karier masa depan. Career construction theory menjelaskan bahwa pengalaman kerja penting dimiliki untuk mengembangkan kemampuan career adaptability. Hanya saja, pengalaman dalam konteks karier tidak cukup untuk mengembangkan kemampuan career adaptability, individu juga perlu memiliki kualitas untuk mengoptimalkan pengalaman mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi internship experience terhadap career adaptability pada mahasiswa tingkat akhir di kota Makassar dan kontribusi internship experience terhadap career adaptability dengan conscientiousness sebagai moderator pada mahasiswa tingkat akhir di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional survey design. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala CAAS, Internship Experience, dan IPIP. Jumlah responden penelitian sebanyak 280 mahasiswa tingkat akhir di Kota Makassar yang sedang atau telah mengikuti magang minimal 2 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internship experience dan career adaptability berkontribusi positif dan signifikan sebesar 26.5%. Selain itu, tidak terdapat pengaruh moderasi conscientiousness terhadap pengaruh internship experience terhadap career adaptability, namun conscientiousness dan internship experience secara bersama-sama dapat memberikan kontribusi terhadap career adaptability sebesar 27%.

Keywords : Career Adaptability, Internship Experience, Conscientiousness, Mahasiswa Tingkat Akhir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Career Adaptability, Internship Experience, Conscientiousness, Final Year Undergraduate Students
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 May 2024 23:52
Last Modified: 29 May 2024 23:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33423

Actions (login required)

View Item
View Item