Identifikasi Faktor-Faktor Kepatuhan (Adherence) Pasien kanker Payudara dalam Menjalani Kemoterapi = Identification of Adherence Factors Breast Cancer Patients in Undergoing Chemotherapy


Ode, Ummul Maharani (2023) Identifikasi Faktor-Faktor Kepatuhan (Adherence) Pasien kanker Payudara dalam Menjalani Kemoterapi = Identification of Adherence Factors Breast Cancer Patients in Undergoing Chemotherapy. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
C021181334_skripsi_14-02-2023 cover1.jpg

Download (229kB)
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
C021181334_skripsi_14-02-2023 bab 1-3.pdf

Download (912kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C021181334_skripsi_14-02-2023 dp.pdf

Download (916kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C021181334_skripsi_14-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 March 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kanker payudara merupakan penyakit berupa tumor ganas yang ditandai dengan terjadinya benjolan dan pertumbuhan berlebihan di sel-sel atau jaringan payudara yang mengalami peningkatan tiap tahun serta menjadi jenis kanker yang paling banyak ditemui pada wanita selain kanker rahim. Pasien kanker payudara melakukan serangkaian upaya penyembuhan agar dapat meminimalisir rasa sakit ataupun menghilangkan penyakit tersebut. Olehnya itu, untuk menjalankan rangkaian pengobatan jangka panjang dan penyembuhan tersebut dibutuhkan kepatuhan (adherence). Salah satu penatalaksanaan kanker payudara adalah dengan pemberian kemoterapi. Pelaksanaan kemoterapi membutuhkan kepatuhan (adherence) dari pasien, dalam hal ini kepatuhan (adherence) pasien menjalani pengobatan dapat menentukan keberhasilan suatu terapi terhadap pasien kanker payudara. kepatuhan (adherence) pasien dalam menjalani kemoterapi menjadi salah satu faktor efektif dalam pengobatan sehingga dapat menurunkan angka morbiditas dan mortalitas suatu penyakit.
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kepatuhan (adherence) pasien kanker payudara dalam menjalani kemoterapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi naratif dan teknik theory driven analysis. Penelitian ini melibatkan tiga subjek dengan kriteria perempuan yang didiagnosis menderita penyakit kanker payudara dan minimal telah konsisten menjalani pengobatan sampai kemoterapi ke-empat. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kepatuhan (adherence) ketiga subjek pasien kanker payudara dalam menjalani kemoterapi terbentuk atas lima faktor yang memprediksi terjadi kepatuhan (adherence) yaitu severity of the disease, treatment characteristics, personal factor, faktor lingkungan dan practitioner-patient interaction.

Keywords : Kepatuhan (adherence), Pasien Kanker Payudara, Kemoterapi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Adherence, Breast Cancer Patients, Chemotherapy
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 May 2024 02:11
Last Modified: 28 May 2024 02:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33405

Actions (login required)

View Item
View Item