Kontribusi Persepsi Kepemimpinan Transaksional terhadap Kepuasan Kerja pada Karyawan UMKM Bidang Industri Pengolahan di Kota Makassar = The Contribution of Transactional Leadership Perceptions on Job Satisfaction in MSMEs Employees in the Processing Industry in Makassar City


Albar, Muh. (2023) Kontribusi Persepsi Kepemimpinan Transaksional terhadap Kepuasan Kerja pada Karyawan UMKM Bidang Industri Pengolahan di Kota Makassar = The Contribution of Transactional Leadership Perceptions on Job Satisfaction in MSMEs Employees in the Processing Industry in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
C021181304_skripsi_14-02-2023 cover1.jpg

Download (225kB)
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
C021181304_skripsi_14-02-2023 bab 1-3.pdf

Download (706kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C021181304_skripsi_14-02-2023 dp.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C021181304_skripsi_14-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 March 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi Kecerdasan emosi terhadap quarter life crisis pada mahasiswa tingkat akhir di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional yang melibatkan 150 responden mahasiswa tingkat akhir. Adapun instrumen penelitian yang digunakan, yakni skala Quarter life crisis dan skala kecerdasan emosi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi Kecerdasan Emosi sebesar 16,4%. Terhadap Quarter Life Crisis Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Kota Makassar.
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dijuluki sebagai pahlawan ekonomi yang menyelamatkan bangsa dari keterpurukan. UMKM terbukti menyerap tenaga kerja lebih besar dalam kancah perekonomian bangsa. Salah satu UMKM di Indonesia adalah UMKM yang bergerak di bidang industri pengolahan. Berkembangnya dan meningkatnya kinerja dari UMKM industri pengolahan dapat dikaitkan dengan sikap kerja karyawan salah satunya kepuasan kerja. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kepuasan kerja yaitu kepemimpinan transaksional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi persepsi kepemimpinan transaksional terhadap kepuasan kerja pada karyawan UMKM bidang industri pengolahan di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini, yaitu 115 karyawan UMKM bidang industri pengolahan di Kota Makassar. Persepsi kepemimpinan transaksional diukur menggunakan Multifactor Leadership Questionnaire (MLQ) dan kepuasan kerja diukur menggunakan Job Satisfaction Survey (JSS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transaksional berkontribusi positif terhadap kepuasan kerja secara signifikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi skor persepsi kepemimpinan transaksional maka skor kepuasan kerja akan meningkat. Kepemimpinan berkontribusi sebesar 26,7% terhadap kepuasan kerja.

Kata kunci : Kepemimpinan transaksional, kepuasan kerja, karyawan, UMKM industri pengolahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Transactional leadership, job satisfaction, employees, MSMEs processing industry.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 May 2024 00:53
Last Modified: 28 May 2024 00:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33389

Actions (login required)

View Item
View Item