Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Career Decision Making Self Efficacy Pada Mahasiswa Tingkat Awal di Universitas Hasanuddin = Factors Affecting Career Decision Making Self Efficacy in Early Level Students at Hasanuddin University


Nurkhalifa, Nihar (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Career Decision Making Self Efficacy Pada Mahasiswa Tingkat Awal di Universitas Hasanuddin = Factors Affecting Career Decision Making Self Efficacy in Early Level Students at Hasanuddin University. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
C021181026_skripsi_05-05-2023 cover1.jpg

Download (270kB)
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
C021181026_skripsi_05-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C021181026_skripsi_05-05-2023 dp.pdf

Download (511kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C021181026_skripsi_05-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Persaingan di dunia kerja yang ketat sehingga mahasiswa perlu mengembangkan kemampuan baik soft skill dan hard skill dan mendapatkan dukungan sosial pada mahasiswa tingkat awal yang berada di masa transisi emerging adulthood yang sudah memiliki kemandirian dalam pengambilan keputusan karir namun masih bergantung kepada orangtua karena ketidakstabilan finansial. Mahasiswa perlu untuk mempersiapkan karir masa depannya dengan memiliki kemampuan career decision making self efficacy yang dapat menentukan arah karir kedepannya. Career decision making self efficacy merupakan kemampuan terhadap keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya yang berhubungan dengan perilaku karir agar dapat mencapai tujuan karirnya sehingga perlu untuk mendalami lebih lanjut melalui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi career decision making self efficacy pada mahasiswa tingkat awal di universitas hasanuddin. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif yang menggunakan theory driven thematic dengan validitas triangulasi metode dan triangulasi peneliti serta keabsahan data realibilitas yang menggunakan intercoder aggrement menghasilkan 96% sehingga dapat dikatakan data penelitian reliabel. Penelitian ini melibatkan subjek yaitu mahasiswa angkatan 2022 universitas hasanuddin dan sudah mengikuti program BALANCE yang diambil berdasarkan hasil penjaringan yang melalui kuesioner terbuka. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi career decision making self efficacy dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan eksternal. Pada faktor internal dibagi menjadi 6 yaitu self awareness, orientasi karir, locus of control, self regulation, kebimbangan karir dan lack of self efficacy sedangkan pada faktor eksternal juga dibagi menjadi 6 bagian yaitu work on information, social support, family support, kontrol orangtua, kondisi finansial dan lingkungan sosial. Faktor-faktor tersebut juga dianalisis lebih lanjut mengenai faktor pendukung, faktor penghambat dan ada faktor pendukung sekaligus penghambat.

Keywords : Career Decision Making Self Efficacy, Mahasiswa Tingkat Awal, Universitas Hasanuddin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Career Decision Making Self Efficacy, Early Level Students, Hasanuddin University
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 May 2024 00:53
Last Modified: 28 May 2024 00:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33381

Actions (login required)

View Item
View Item