Family Resilience Pada Keluarga Tenaga Kerja Indonesia, (Studi Berdasarkan Penghayatan Istri Yang Menjalani Commuter Marriage Tipe Established Couple) = Family Resilience in Indonesian Labor Families (Study Based on Wife's appreciation Undergoing Commuter Marriage, Established Couple Type)


Hasneni, Hasneni (2023) Family Resilience Pada Keluarga Tenaga Kerja Indonesia, (Studi Berdasarkan Penghayatan Istri Yang Menjalani Commuter Marriage Tipe Established Couple) = Family Resilience in Indonesian Labor Families (Study Based on Wife's appreciation Undergoing Commuter Marriage, Established Couple Type). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover] Image (Cover)
C021181002_skripsi_14-02-2023 cover1.jpg

Download (243kB)
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
C021181002_skripsi_14-02-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C021181002_skripsi_14-02-2023 dp.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C021181002_skripsi_14-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2026.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Hasneni, C021181002, Family Resilience Pada Keluarga Tenaga Kerja Indonesia, (Studi Berdasarkan Penghayatan Istri Yang Menjalani Commuter Marriage Tipe Established Couple), Skripsi, Fakultas Kedokteran, Program Studi Psikologi, 2023.
Keluarga merupakan kelompok sistem sosial terkecil dalam masyarakat terdiri dari dua orang atau lebih yang dihubungkan oleh pernikahan, kelahiran, adopsi, dan tinggal bersama dalam sebuah rumah tangga, serta memiliki hubungan ikatan sosio-emosional. Akan tetapi, ternyata terdapat keluarga tidak dapat tinggal bersama atau disebut commuter marriage. Commuter marriage merupakan kondisi keluarga dan pasangan tidak dapat tinggal bersama atau berpisah secara geografis yang disebabkan oleh faktor pekerjaan, ekonomi, dan karir. Keluarga commuter marriage khususnya bagi istri yang menjalani beresiko mengalami situasi sulit seperti masalah pengasuhan, psikologis, komunikasi, konflik bahkan perselingkuhan. Kondisi tersebut perlu dihadapi dengan melakukan penyesuaian yang melibatkan ketahanan dan kemampuan keluarga untuk bangkit, yang terwujud melalui family resilience.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengkaji family resilience pada keluarga tenaga kerja Indonesia, (studi berdasarkan penghayatan istri yang menjalani commuter marriage tipe established couple). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi naratif dan teknik deductive thematic. Penelitian ini melibatkan tiga subjek dengan kriteria istri yang menjalani commuter marriage tipe established couple selama dua tahun. Hasil penelitian menemukan bahwa family resilience ketiga subjek terbentuk atas beberapa hal, yaitu pertama, family belief system terdapat spiritualitas, positive thinking, self values, dan economic consequence. Kedua, organizational process terdapat understanding roles, positif parenting, intimacy, extended family support, dan well economy plan. Ketiga, communication proses terdapat openness communication, consistent communication, understanding status, dan mutual understanding.

Kata kunci : Keluarga, Commuter Marriage, Family Resilience, Tenaga Kerja Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Family, Family Resilience, Commuter Marriage, Indonesian Labor Families.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 May 2024 05:54
Last Modified: 28 May 2024 05:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33359

Actions (login required)

View Item
View Item