Purba, Matthew Adrian (2022) Perbandingan Efektivitas Sistem Pembelajaran Offline dan Pembelajaran Online saat Pandemi terhadap Tingkat Pengetahuan Neuroanatomi di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin = Comparison Of The Effectiveness of Offline and Online Learning Systems during The Pandemic to The Level of Knowledge of Neuroanatomy at the Faculty of Medicine Hasanuddin University. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
C011191254_skripsi_30-12-2022 cover1.jpg
Download (303kB) | Preview
C011191254_skripsi_30-12-2022 bab 1-3.pdf
Download (1MB)
C011191254_skripsi_30-12-2022 dp.pdf
Download (1MB)
C011191254_skripsi_30-12-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 March 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang: Pemahaman yang baik terkait ilmu anatomi harus dimiliki oleh mahasiswa kedokteran untuk menjadi dasar dalam praktik kedokteran. Meskipun anatomi merupakan ilmu dasar, masih banyak mahasiswa yang memiliki kesulitan dalam memahami ilmu anatomi. Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan sistem pembelajaran dari offline ke online sehingga pembelajaran anatomi juga ikut mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi juga menimbulkan dampak pada keefektifan belajar peserta didik.
Tujuan: Mengetahui perbedaan efektivitas sistem pembelajaran online dibandingkan pembelajaran offline terhadap tingkat pengetahuan neuroanatomi di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah studi analitik dengan desain cross sectional, teknik pengumpulan sampel adalah simple random sampling, sehingga diperoleh sebanyak 213 responden. Terdiri atas kelompok pembelajaran offline (n=113) dan kelompok pembelajaran online (n=118). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan google form dan kemudian dianalisis dengan program statistik.
Hasil: Untuk pengetahuan teori, dari 113 responden kelompok pembelajaran offline, didapatkan responden dengan tingkat pengetahuan baik sebanyak 8 responden, sedang sebanyak 28 responden, dan kurang sebanyak 77 responden. Dari 118 responden kelompok pembelajaran online, didapatkan tingkat pengetahuan baik sebanyak 10 responden, sedang sebanyak 34 responden, dan kurang sebanyak 77 responden. Untuk tingkat pengetahuan praktikum yaitu, dari kelompok pembelajaran offline, didapatkan responden dengan tingkat pengetahuan baik sebanyak 24 responden, sedang sebanyak 44 responden, dan kurang sebanyak 45 responden. Sedangkan dari kelompok pembelajaran online, didapatkan 27 responden dengan tingkat pengetahuan baik, sedang sebanyak 30 responden dan kurang sebanyak 61 responden.
Kesimpulan: Tidak ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara sistem pembelajaran offline dan online.
Keywords : efektivitas, sistem pembelajaran, neuroanatomi, tingkat pengetahuan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | effectiveness, learning systems, neuroanatomy, level of knowledge |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 20 May 2024 00:54 |
Last Modified: | 20 May 2024 00:54 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33241 |