RANCANG BANGUN SISTEM DETEKSI PLAT KENDARAAN UNTUK STIMULASI BUKA-TUTUP PALANG PARKIR


Bramasta, M. Nur (2024) RANCANG BANGUN SISTEM DETEKSI PLAT KENDARAAN UNTUK STIMULASI BUKA-TUTUP PALANG PARKIR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of D41115303_skripsi_08-09-2022 cover1.jpg]
Preview
Image
D41115303_skripsi_08-09-2022 cover1.jpg

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of D41115303_skripsi_08-09-2022 bab 1-2.pdf] Text
D41115303_skripsi_08-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of D41115303_skripsi_08-09-2022 dapus.pdf] Text
D41115303_skripsi_08-09-2022 dapus.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of D41115303_skripsi_08-09-2022.pdf] Text
D41115303_skripsi_08-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Mekanisme palang di tempat parkir gedung Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, mengandalkan sistem RFID untuk verifikasi identitas untuk akses ke lahan parkir, yang mengharuskan pengguna untuk mengeluarkan dan menempelkan kartu RFID ke pembaca, yang dapat mengurangi kenyamanan pengguna setiap kali akan menggunakan tempat parkir. Salah satu opsi untuk meningkatkan kemudahan akses adalah dengan menambahkan fungsi Automatic License Plate Recognition (ALPR), yang menghilangkan kebutuhan pengguna untuk menempelkan kartu RFIDnya ke pembaca kartu. Pada tugas akhir ini, diimplementasikan rancang bangun sistem yang berbasis ALPR, di mana plat nomor dideteksi menggunakan YOLO-Fastest, dan deretan karakter plat dibaca menggunakan YOLOv5. Hasil pembacaan lalu dibandingkan terhadap database sistem. Hasilnya digunakan untuk menentukan apakah palang tetap tertutup. Rancang bangun sistem dibuat menggunakan komputer Raspberry Pi, sensor ultrasonik JSN-SR04T dan sensor kamera OV5647. Untuk training data detektor karakter plat nomor, data sintesis digunakan bersama data yang diambil dari dunia nyata. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe sistem membutuhkan waktu sekitar 5 detik untuk mendeteksi dan membaca plat nomor, dan ketika diuji di tempat parkir gedung, sistem membutuhkan rata-rata waktu 7.32 detik, dengan waktu tercepat 6.65 detik, dan waktu terlama 7.79 detik. Penggunaan data sintesis meningkatkan akurasi prototipe sistem dari rata-rata 95% menjadi 100%. Selain itu, ditemukan pula bahwa perbedaan waktu dan cuaca tidak memengaruhi waktu yang dibutuhkan sistem untuk mengenali plat nomor pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 21 May 2024 00:19
Last Modified: 21 May 2024 00:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33181

Actions (login required)

View Item
View Item