OPTIMALISASI STRATEGI PERENCANAAN REPARASI KAPAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERT (PROGRAM EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE) STUDI KASUS GALANGAN KAPAL PT. IKI (PERSERO) MAKASSAR


Arjun, Arjun (2024) OPTIMALISASI STRATEGI PERENCANAAN REPARASI KAPAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERT (PROGRAM EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE) STUDI KASUS GALANGAN KAPAL PT. IKI (PERSERO) MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D33115007_skripsi_21-09-2022 cover1.jpg

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D33115007_skripsi_21-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (877kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D33115007_skripsi_21-09-2022 dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D33115007_skripsi_21-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 March 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Arjun, 2022, Optimalisasi Strategi Perencanaan Reparasi Kapal Dengan Menggunakan Metode Pert (Program Evaluation and Review Technique) Studi Kasus Galangan Kapal PT. IKI (Persero) Makassar.
Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan sebuah strategi (Strategic Planning) yang dilakukan dalam memprediksi kondisi sesuai dengan rencana agar menjadi terstruktur, berkelanjutan sesuai dengan proses perencanaan. Sistematika perencanaan yang meliputi menetapkan tujuan, target, alternatif hingga merangkai perencanaan dalam mereparasi kapal untuk mempertahankan kelayakan fungsi dan sistem kapal agar dapat menunjang kerja kapal sesuai standart layak beroprasi.
Metode penelitian yang dilakukan dalam membuat perencanaan penjadwalan reparasi kapal menggunakan metode PERT (Program Evaluation and Review Technique) dengan membandingkan perencanaan oleh pihak galangan dengan perencanaan penjadwalan sesuai metode yang digunakan. Penyelesian metode PERT dengan bantuan software POM-QM menghasilkan waktu pelaksanaan reparasi selama 122,67 atau 123 jam kerja dengan parameter durasi aktivitas berdasarkan kurun jam kerja 8 jam kerja per hari. Kemungkinan (probability) reparasi kapal KMP.Merak selesai pada target yang diinginkan 123 jam adalah sebesar 95% dari 120 jam awal perencanaan dengan standart deviasi 5.96 atau 6 jam kerja tiap aktivitas dan varians aktivitas 35.56 jam kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 21 May 2024 23:24
Last Modified: 21 May 2024 23:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33168

Actions (login required)

View Item
View Item