EFEK SAMPING TERAPI INJEKSI PADA PASIEN TENDINOPATI BAHU: SEBUAH KAJIAN SISTEMATIS = SIDE EFFECTS OF INJECTION THERAPY IN SHOULDER TENDINOPATHY PATIENTS: A SYSTEMATIC REVIEW


An Nida, Sabilah Riezky (2022) EFEK SAMPING TERAPI INJEKSI PADA PASIEN TENDINOPATI BAHU: SEBUAH KAJIAN SISTEMATIS = SIDE EFFECTS OF INJECTION THERAPY IN SHOULDER TENDINOPATHY PATIENTS: A SYSTEMATIC REVIEW. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011191116_skripsi_15-02-2023 cover1.jpg

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C011191116_skripsi_15-02-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011191116_skripsi_15-02-2023 dp.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011191116_skripsi_15-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Tendinopati adalah kondisi patologis tendon yang kompleks, dicirikan dengan adanya keluhan berupa rasa sakit dan penurunan fungsi dengan prevalensi yang terus meningkat di seluruh dunia, serta mengakibatkan defisit fungsional secara permanen pada individu atletik maupun non-atletik dari segala usia. Pada ekstremitas atas, tendinopati di bahu (shoulder tendinopathy) terutama tendinopati supraspinatus pada bahu (rotator cuff) dan siku adalah yang paling umum terjadi di mana saat ini terdapat berbagai terapi konvensional dan terapi terbaru yang dikembangkan untuk mengatasinya termasuk terapi injeksi. Berbagai terapi injeksi pada pasien dengan tendinopati bahu telah menunjukkan potensi yang baik untuk mengatasi tendinopati bahu. Namun, masih terdapat efek samping yang dilaporkan pada beberapa studi mengenai terapi injeksi. Oleh karena itu, diperlukan adanya analisis mengenai efek samping terapi injeksi. Tujuan: Untuk menganalisis efek samping terapi injeksi pada berbagai sistem tubuh manusia. Metode: Kajian sistematis ini dibuat berdasarkan pedoman preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses statement (PRISMA). Pencarian dilakukan pada berbagai sumber literatur yang valid, seperti PubMed, Science Direct, dan Cochrane library dengan kata kunci (injection therapy AND (shoulder tendinopathy)). Hasil dan Pembahasan: Secara umum, terdapat 25 studi dari 46 studi inklusi yang melaporkan tidak adanya efek samping pada penggunaan berbagai terapi injeksi. Adapun, berbagai studi lainnya menunjukkan adanya efek samping yang tidak signifikan setelah terapi injeksi pada berbagai sistem seperti sistem integumen, gastrointestinal, uroginekologi, muskuloskeletal, kardiologi, reaksi vagal, serta beberapa efek samping lainnya kecuali efek samping nyeri dan inflamasi pada satu studi inklusi yang mencapai >50% subjek penelitian. Kesimpulan: Pada kajian sistematis ini, didapatkan bahwa terapi injeksi memiliki efek samping pada berbagai sistem tubuh namun dengan jumlah yang tidak signifikan. Meskipun demikian, terdapat satu studi yang memiliki efek samping nyeri dan inflamasi yang cukup signifikan setelah terapi injeksi jenis steroid. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut dalam bentuk meta-analysis untuk melihat lebih jauh efek samping yang ditimbulkan oleh penggunaan terapi injeksi untuk mengatasi tendinopati bahu.

Keywords : Terapi Injeksi, Tendinopati Bahu, Efek Samping, Systematic Review

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Injection Therapy, Shoulder Tendinopathy, Side Effect, Systematic Review
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 May 2024 05:29
Last Modified: 15 May 2024 05:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/33141

Actions (login required)

View Item
View Item