EFEKTIVITAS PELAYANAN DIGITAL BERDASARKAN ASAS KETERBUKAAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MAKASSAR = Effectiveness of Digital Services Based on the Principle of Openness At the Makassar City Population and Civil Registration Office


Khadija, Nurul (2023) EFEKTIVITAS PELAYANAN DIGITAL BERDASARKAN ASAS KETERBUKAAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MAKASSAR = Effectiveness of Digital Services Based on the Principle of Openness At the Makassar City Population and Civil Registration Office. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B021191049_skripsi_23-06-2023 caver1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B021191049_skripsi_23-06-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B021191049_skripsi_23-06-2023 dp.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B021191049_skripsi_23-06-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelayanan digital pembuatan akte kelahiran dan surat pindah berdasarkan asas keterbukaan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar serta mengetahui faktor-faktor yang menghambat pelayanan publik pada pelayanan digital pembuatan akte kelahiran dan surat pindah.
Tipe penelitian yang digunakan adalah hukum empiris. Populasi pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar. Lokasi Penelitian Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar. Bahan hukum yang digunakan primer dan sekunder. Analisis data penelitian dengan cara kualitatif deskriptif yaitu menjelaskan dan meringkas gambaran kondisi dan situasi lapangan sesuai keadaan nyata ataupun fakta-fakta yang ada didapatkan, setelah itu penyusun memberikan kesimpulannya.
Hasil Penelitian ini adalah, (1) Pelayanan digital pembuatan akte kelahiran dan surat pindah pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar masih kurang efektif dalam mengimplementasikan Pasal 4 UU. No. 25 Tahun 2009 yang berkaitan dengan penyelenggaraan salah satu asas pelayanan publik yaitu asas keterbukaan, dikarenakan tidak memberikan informasi yang terbuka mengenai pelaksanaan prosedur berkas yang secara inisiatif diberlakukan oleh pejabat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar namun tidak memiliki landasan hukum dan tidak tercantum didalam SOP pelayanan. (2) Faktor-faktor penghambat pelayanan digital pembuatan akte kelahiran dan surat pindah. Pertama, faktor internal yaitu (1) Informasi prosedur tidak terbuka, tidak lengkap, dan tidak jelas; dan (2) Kinerja SDM pembuat dan pengelolah pelayanan digital kurang optimal. Kedua, faktor eksternal yaitu masyarakat yang belum mengetahui prosedur kelengkapan pelayanan karena tidak ada pemberitahuan dan sosialisasi yang massif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The principle of openness, Population and Civil Registration Office, Digital Services
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Hukum Administrasi Negara
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:48
Last Modified: 29 Apr 2024 06:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32711

Actions (login required)

View Item
View Item