ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN PT. MARUKI INTERNATIONAL INDONESIA DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM = COMPANY PERFORMANCE ANALYSIS OF PT. MARUKI INTERNATIONAL INDONESIA WITH PERFORMANCE PRISM METHOD


Palinoan, Andreas (2023) ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN PT. MARUKI INTERNATIONAL INDONESIA DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM = COMPANY PERFORMANCE ANALYSIS OF PT. MARUKI INTERNATIONAL INDONESIA WITH PERFORMANCE PRISM METHOD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071181327_skripsi_15-11-2023 CAVER1.jpg

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071181327_skripsi_15-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071181327_skripsi_15-11-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071181327_skripsi_15-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Semakin majunya dunia industri membuat persaingan antar perusahaan semakin ketat. Pasar dari perusahaan harus tetap dijaga agar tidak dicaplok oleh perusahaan kompetitor. maka pada PT. Maruki Internasional Indonesia perlu dilakukannya pengukuran kinerja secara tepat agar perusahaan dapat mengetahui kinerja mana yang masih bermasalah dan menjaga kinerja yang sudah baik agar bisa bersaing di pasar global. Salah satu metode dalam pengukuran kinerja ialah performance prism. Performance Prism adalah model pengukuran kinerja yang memperhitungkan aspek yang diukur tidak hanya berdasarkan keuangan, seperti model mengukur kinerja organisasi secara umum, tetapi dari perspektif pemangku kepentingan seperti pemilik, pemasok, pelanggan, karyawan, pemerintah, dan sebagainya. Model Performance Prism memiliki 5 perspektif yaitu stakeholder satisfaction, stakeholder contribution, strategi, proses, dan kapabilitasPenelitian ini bertujuan untuk enentukan dan memvalidasi KPI (Key Performance Indicator) pada PT. Maruki Internasional Indonesia, menentukan pembobotan KPI pada perusahaan dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process), menentukan nilai performansi perusahaan dengan metode Objective Matrix (OMAX), menganalisis kinerja PT. Maruki Internasional Indonesia berdasarkan hasil pengukuran yang didapatkan, serta memberikan saran perbaikan kinerja bagi indikator yang memerlukan perbaikan.Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi KPI (Key Performance Indicator) dengan metode performance prismdan selanjutnya adalah memvalidasi KPI dengan uji statistik. Setelah itu melakukan pembobotan KPI dengan metode AHP. Lalu menentukan nilai performansi dengan metode OMAX dibantu dengan tools Traffic Light System.Hasil penelitian menunjukkan terdapat 24 KPI pada perusahaan yang terdiri dari 8 KPI kriteria strategi, 8 KPI kriteria proses, dan 8 KPI kriteria kapabilitas. Nilai performansi untuk kriteria KPI Strategi sebesar 7,207, nilai performansi untuk kriteria KPI Proses sebesar 7,345, nilai performansi untuk kriteria KPI Kapabilitas sebesar 8,040, serta nilai performansi untuk perusahaan sebesar 7,419. Dengan menggunakan metode OMAX dapat diketahui bahwa KPI yang masuk dalam kategori hijau sebanyak 14 KPI, sedangkan yang masuk dalam kategori kuning sebanyak 7 KPI dan yang masuk kategori merah sebanyak 3 KPI.

Kata Kunci: Pengukuran Kinerja, Performance Prism, AHP, OMAX

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: performance measurement, performance Prism, AHP, OMAX
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:00
Last Modified: 26 Apr 2024 08:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32666

Actions (login required)

View Item
View Item