Coworking Space dengan Konsep Desain Biofilik di Makassar = Coworking Space with Biophilic Design Concept in Makassar


Shiber, Humairah Mahjubuh (2023) Coworking Space dengan Konsep Desain Biofilik di Makassar = Coworking Space with Biophilic Design Concept in Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D051181511_skripsi_14-02-2023 cover1.jpg

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D051181511_skripsi_14-02-2023 bab 1-3.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D051181511_skripsi_14-02-2023 dp.pdf

Download (15MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D051181511_skripsi_14-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2026.

Download (16MB)

Abstract (Abstrak)

Perkembangan ekosistem digital menjadi pelopor tumbuhnya ekonomi kreatif di Indonesia, termasuk Kota Makassar yang didominasi oleh generasi milenial. Sehingga memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam melakukan pekerjaan dan menggeser pemaknaan entitas kantor konvensional menjadi ruang bekerja yang bersifat informal. Menjadikan kafe dimanfaatkan sebagai tempat bekerja. Sejalan dengan perkembangannya, hadir kebutuhan ruang alternatif baru untuk bekerja yang dapat memfasilitasi pekerja dengan hal serupa kafe, namun memiliki biaya yang lebih murah dan fasilitas yang lebih mumpuni. Coworking space menjadi solusi ruang bekerja alternatif yang dapat menggabungkan fasilitas kantor konvensional dengan fasilitas kafe yang memiliki fokus dalam mendukung kolaborasi, keterbukaan, berbagi pengetahuan, inovasi, dan pengalaman. Namun dalam proses bekerja seringkali para pekerja mengalami masalah seperti jenuh sehingga menurunnya kesejahteraan umum, baik secara fisik maupun psikologis karena sebagian besar waktu dihabiskan di dalam ruang kerja. Oleh karena itu
digunakan konsep desain biofilik dengan menerapkan pedoman 14 pola desain biofilik dalam rancangan coworking space karena dapat memberikan dampak positif seperti meningkatnya produktivitas dan konsentrasi, menurunkan stress, dan meningkatkan suasana hati, tanpa mengurangi kenyamanan pekerja. Dengan cara mengumpulkan data arsitektural dan non-arsitektural yang berasal dari sumber yang dapat dipercaya melalui metode kualitatif deskriptif. Sehingga tersususun suatu acuan perancangan Coworking Space dengan Konsep Desain Biofilik di Makassar yang tidak hanya menjadi wadah para generasi milenial untuk berkembang, berinovasi, dan belajar, melainkan sebagai wadah untuk memamerkan ataupun memasarkan produk industri kreatifnya agar saling terhubung antara satu sama lain dan mampu meningkatkan daya saing dalam skala lokal maupun global.

Keywords : Coworking space, Konsep desain biofilik, Kota Makassar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Coworking space, Biophilic Design Concept, Makassar
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:08
Last Modified: 30 Jan 2024 07:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32530

Actions (login required)

View Item
View Item