Center Of Time Travel di Makassar dengan Pendekatan Arsitektur Metafora = Center Of Time Travel in Makassar with Metaphorical Architecture Approach


Santi, Putri Nur Widya (2023) Center Of Time Travel di Makassar dengan Pendekatan Arsitektur Metafora = Center Of Time Travel in Makassar with Metaphorical Architecture Approach. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D051171013_skripsi_10-05-2023 cover1.jpg

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D051171013_skripsi_10-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D051171013_skripsi_10-05-2023 dp.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D051171013_skripsi_10-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 January 2026.

Download (17MB)

Abstract (Abstrak)

Budaya memiliki peran penting dalam kehidupan manusia salah satunya sebagai sumber inspirasi, kebanggan dan sumber daya yang menghasilkan komoditi ekonomi seperti sarana hiburan dan produk budaya. Berbicara tentang budaya tidak jauh dari perkembangan zaman seperti halnya sarana hiburan yang selalu berkembang mengikuti kemajuan teknologi. Kota Makassar merupakan salah satu kota yang memiliki perkembangan teknologi yang pesat dan kebutuhan akan hiburan semakin banyak diminati oleh semua kalangan baik dari anak-anak, remaja hingga dewasa membutuhkan hiburan sebagai kebutuhan hidup mereka. Maka tidak heran apabila di kota besar seperti Makassar sudah banyak tersedia sarana hiburan seperti taman, mall, internet, permainan gadget dan lain-lain.
Seiring berkembangnya waktu, dengan beragamnya sarana hiburan yang ditawarkan sekarang, sarana hiburan yang ada pada zaman dulu sudah tergeser posisinya salah satunya adalah permainan tradisional. Permainan tradisional memiliki banyak manfaat mulai dari nilai spiritual, seni, sportifitas, budaya, intelektual, kreatifitas, moral dan sebagainya. Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila permainan tradisional tergeser oleh perkembangan waktu dan tergantikan oleh teknologi jaman sekarang.
Dalam perancangan kali ini menggunakan pendekatan arsitektur metafora karena arsitektur metafora berusaha menceritakan kejadian masa lampau hingga ke masa depan dalam hal permainan.

Keywords : Makassar, Time Travel, Permainan, Metafora.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Makassar, Time Travel, Games, Metaphor.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:51
Last Modified: 30 Jan 2024 07:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32497

Actions (login required)

View Item
View Item