PERANCANGAN SEKOLAH BERBASIS ALAM DI KABUPATEN MALANG = NATURE BASED SCHOOL DESIGN IN MALANG DISTRICT


Afifah, Zhafirah Nur (2022) PERANCANGAN SEKOLAH BERBASIS ALAM DI KABUPATEN MALANG = NATURE BASED SCHOOL DESIGN IN MALANG DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D051171001_skripsi_05-01-2023 cover1.jpg

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D051171001_skripsi_05-01-2023 bab 1-3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D051171001_skripsi_05-01-2023 dp.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D051171001_skripsi_05-01-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 January 2026.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam UUD 1945 salah satu maksud dan tujuan dari bernegara dan berbangsa adalah untuk “mencerdaskan kehidupan bangsa” dimana itu hanya bisa dicapai dengan Pendidikan. Pendidikan menjadi sebuah gerbang yang penting untuk meningkatkan kecerdasan anak dan kesejahteraan masyarakat. Dalam Pendidikan erat kaitannya dengan kurikulum pendidikan yang saat ini terlalu kompleks sehingga membuat anak-anak merasa terbebani dengan segudang materi pembelajaran yang harus dikuasai. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah layanan pendidikan seperti sekolah yang dapat memberikan metode pembelajaran yang inovasi kepada anak-anak yaitu dengan dirancangnya sekolah berbasis alam. Sekolah berbasis Alam merupakan sebuah model sekolah yang memberikan sebuah inovasi baru pada dunia pendidikan dengan memiliki program-program atau metode pembelajaran yang ramah lingkungan sehingga kebanyakan proses pembelajaran dilakukan diluar ruangan agar anak tidak hanya belajar tapi anak juga bisa dapat belajar sambil bermain dan berkreasi untuk menghasilkan sesuatu baik untuk dirinya maupun orang lain. Pada perancangan Sekolah berbasis Alam ini menerapkan pendekatan konsep dalam proses perancangannya, yaitu dengan menggunakan pendekatan konsep Arsitektur Biofilik. Penerapan pendekatan ini bertujuan agar dapat meningkatkan kesejahteraan hidup manusia baik secara mental dan fisik dengan menyatukan kembali hubungan antar manusia dan lingkungan alami. Oleh karena itu pendekatan Arsitektur Biofilik ini juga dapat berperan penting dalam mendukung perancangan Sekolah berbasis Alam.

Keywords : Pendidikan, Kurikulum, Sekolah Berbasis Alam, Arsitektur Biofilik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Education, Curriculum, Nature-Based Schools, Biophilic Architecture
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:52
Last Modified: 30 Jan 2024 07:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32495

Actions (login required)

View Item
View Item