REDESAIN STADION ANDI MATTALATTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR IKONIK DI KOTA MAKASSAR = REDESIGN OF ANDI MATTALATTA STADIUM WITH ICONIC ARCHITECTURAL APPROACH IN MAKASSAR CITY


Nur, Muhammad (2023) REDESAIN STADION ANDI MATTALATTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR IKONIK DI KOTA MAKASSAR = REDESIGN OF ANDI MATTALATTA STADIUM WITH ICONIC ARCHITECTURAL APPROACH IN MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D51116512_skripsi_04-08-2023 caver1.jpg

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D51116512_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D51116512_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D51116512_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 January 2026.

Download (15MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD NUR. (Redesain Stadion Andi Mattalatta Dengan Pendekatan Arsitektur Ikonik di Makassar) dibimbing oleh Hartawan dan Imriyanti.
Stadion Andi Mattalatta di Makassar adalah tempat "homebase" bagi PSM saat melakoni pertandingan kandang. Namun, stadion tersebut sudah tua dan tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan tim dan masyarakat saat ini. Renovasi besar-besaran telah dilakukan pada tahun 2001, tetapi tidak meningkatkan kapasitas tempat duduk penonton. Akibatnya, pemerintah memutuskan untuk membongkar stadion tersebut pada tahun 2020, namun pembangunan kembali stadion belum memiliki kepastian yang jelas.
Penelitian ini bertujuan untuk meredesain Stadion Andi Mattalatta dengan pendekatan Arsitektur Ikonik di Makassar. Diharapkan melalui perancangan ini, stadion dapat difungsikan kembali dengan solusi dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan masa sekarang dan masa depan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi olahraga khususnya sepak bola di Sulawesi Selatan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
Metode penelitian ini melibatkan pendekatan Arsitektur Ikonik dalam merancang ulang Stadion Andi Mattalatta. Perencanaan melibatkan penambahan kapasitas penonton, penentuan filosofi dan prinsip yang akan diterapkan, serta penentuan konsep bentuk dan sistem struktur yang sesuai dengan Arsitektur Ikonik Sulawesi Selatan.
Hasil penelitian ini berupa perancangan ulang Stadion Andi Mattalatta dengan konsep Arsitektur Ikonik yang menggunakan bentuk dan karakter dasar Sulawesi Selatan. Diharapkan perancangan ini dapat menghasilkan stadion yang menjadi ikon kota Makassar dengan standar internasional. Manfaat perancangan ini adalah memberikan ide dan gagasan desain stadion yang terkait dengan Arsitektur Ikonik kepada masyarakat, akademisi, pemerintah, dan pihak-pihak terkait. Penelitian ini dibatasi pada perencanaan ulang stadion tanpa memperhitungkan biaya dan metode konstruksi, serta fokus pada perencanaan struktur dan penerapan Arsitektur Ikonik dengan mengambil karakteristik bentuk ikonik Sulawesi Selatan.

Keywords : Redesain, Stadion, Ikonik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Redesign, Stadium, Iconic
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:55
Last Modified: 30 Jan 2024 07:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32491

Actions (login required)

View Item
View Item