Resort dengan Konsep Arsitektur Ekologi di Apparalang Bulukumba = Resort with Ecological Architecture Concept in Apparalang Bulukumba


Nurfaturahmat, Nurfaturahmat (2023) Resort dengan Konsep Arsitektur Ekologi di Apparalang Bulukumba = Resort with Ecological Architecture Concept in Apparalang Bulukumba. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D51116006_skripsi_18-08-2023 caver1.jpg

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D51116006_skripsi_18-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (701kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D51116006_skripsi_18-08-2023 dp.pdf

Download (20MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D51116006_skripsi_18-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2026.

Download (24MB)

Abstract (Abstrak)

Indonesia memiliki potensi wisata yang sangat besar, terutama dalam bidang pariwisata alam. Salah satu daya tarik alam yang dimiliki oleh Indonesia adalah pantai dan pemandangan laut yang indah, seperti daerah Kabupaten Bulukumba. Kabupaten Bulukumba memiliki potensi wisata alam yang menarik, salah satunya adalah Tebing Apparalang di Desa Ara. Tebing Apparalang di Desa Ara memiliki keunikan dikelilingi oleh tebing karang yang berpadu dengan hutan hijau di sekitarnya. Meskipun Tebing Apparalang memiliki potensi wisata yang besar, namun kawasan wisata ini belum didukung oleh fasilitas yang memadai dan teratur. Oleh karena itu, pengembangan fasilitas dan infrastruktur yang mendukung pariwisata, seperti resort, sangat diperlukan untuk memaksimalkan potensi wisata tersebut. Dengan adanya resort tersebut, diharapkan pariwisata di daerah tersebut akan semakin berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, seperti peningkatan lapangan kerja dan pendapatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan menggunakan beberapa studi kasus untuk menunjang perancangan tugas akhir ini. Resort dengan konsep arsitektur ekologi di Apparalang Bulukumba merupakan resort yang menyediakan fasilitas penginapan yang nyaman, termasuk restoran dan cafe yang menawarkan hidangan khas daerah. Selain itu, ada fasilitas rekreasi dan hiburan seperti kolam renang dan taman bermain, serta ruang pertemuan dan konferensi. Resort ini juga memiliki fasilitas spa dan pusat kebugaran untuk memberikan pengalaman relaksasi kepada tamu. Seluruh perancangan ini mempertimbangkan upaya pelestarian lingkungan, seperti penggunaan energi terbarukan dan pengelolaan limbah yang baik.

Keywords : Resort, Wisata, Arsitektur Ekologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resort, Tourism, Ecological Architecture
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:42
Last Modified: 30 Jan 2024 08:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32469

Actions (login required)

View Item
View Item