Pusat Budidaya Hortikultura dengan Penerapan Arsitektur Biomimikri di Enrekang = The Horticulture Cultivation Center with Application of Biomimicry Architecture in Enrekang


Kadir, Nurfadliani (2023) Pusat Budidaya Hortikultura dengan Penerapan Arsitektur Biomimikri di Enrekang = The Horticulture Cultivation Center with Application of Biomimicry Architecture in Enrekang. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D51116004_skripsi_08-08-2023 caver1.jpg

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D51116004_skripsi_08-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D51116004_skripsi_08-08-2023 dp.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D51116004_skripsi_08-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 January 2026.

Download (13MB)

Abstract (Abstrak)

Hortikultura merupakan salah satu produk nabati untuk pemenuhan kebutuhan akan pangan manusia ehari-hari. Secara umum produksi hortikultura di Indonesia, khususnya di Kabupaten Enrekang, ulawesi Selatan merupakan produk andalan yang menjadi salah satu pendapatan ekonomi terbesar daerah. akan tetapi isu akan kualitas hasil panen yang terindikasi mengandung residu zat kimia dan fluktuasi harga menjadi tantangan tersendiri dalam proses budidaya dan pemasaran produk-produk hortikultura di Enrekang. Salah satu solusi yang dapat ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan perancangan suatu kawasan budidaya terpadu yang menerapkan arsitektur biomimikri, yaitu arsitektur yang melakukan peniruan terhadap bagaimana alam bekerja. Metode kualitatif deskriptif diterapkan dalam proses perancangan Pusat Budidaya Hortikultura di Enrekang, yaitu melakukan perbandingan dengan studi riset terhadap bangunan yang memiliki konsep atau fungsi yang sama. Pembahasan dibatasi pada perancangan bangunan dengan konsep biomimikri dimana paradigma desainnya yaitu fits form to function (penyesuaian bentuk terhadap fungsi). Perancangan Pusat Budidaya Hortikultura dengan Penerapan Arsitektur Biomikiri menghasilkan konsep rancangan yaitu suatu kawasan pertanian terpadu di Enrekang dengan penerapan arsitektur biomimikri daun yang memiliki fasilitas utama yaitu gedung publik, penelitian, kantor, bangunan green house untuk area budidaya serta area penunjang seperti bangunan pengolahan air limbah dan area penempatan sel surya, gazebo, area parkir, serta beberapa bangunan penunjang lainnya. Penerapan biomimikri ditekankan pada proses sirkulasi dan utilitas dalam kawasan pusat budidaya yaitu dengan pemanfaatan kembali limbah yang dihasilkan oleh kegiatan dalam bangunan, serta memaksimalkan potensi alam untuk mendukung kegiatan yang terjadi baik di dalam maupun di luar bangunan.

Keywords : Budidaya, Hortikultura, Arsitektur Biomimikri, Tanaman, Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cultivation, Horticulture, Biomimicry Architecture, Plants, Nature
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:46
Last Modified: 30 Jan 2024 08:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32463

Actions (login required)

View Item
View Item