IMPLEMENTASI VIDEO CONFERENCE ONE-TO-MANY BERBASIS TEKNOLOGI WEBRTC MENGGUNAKAN MEDIA SERVER UNTUK PEMBELAJARAN ONLINE = IMPLEMENTATION OF ONE-TO-MANY VIDEO CONFERENCE BASED ON WEBRTC TECHNOLOGY USING MEDIA SERVER FOR ONLINE LEARNING


Sahbana, Irham (2023) IMPLEMENTASI VIDEO CONFERENCE ONE-TO-MANY BERBASIS TEKNOLOGI WEBRTC MENGGUNAKAN MEDIA SERVER UNTUK PEMBELAJARAN ONLINE = IMPLEMENTATION OF ONE-TO-MANY VIDEO CONFERENCE BASED ON WEBRTC TECHNOLOGY USING MEDIA SERVER FOR ONLINE LEARNING. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D42116513_skripsi_18-08-2023 caver1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D42116513_skripsi_18-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D42116513_skripsi_18-08-2023 dp.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D42116513_skripsi_18-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 January 2026.

Download (10MB)

Abstract (Abstrak)

Beberapa platform pembelajaran online memiliki penerapan dan metode sendiri dalam menerapkan pelajaran online seperti metode self-paced. Permasalahan dari metode ini yakni kehilangan keuntungan real-time. Selain itu, banyak mengkonsumsi resource yang menguras kuota internet serta penggunaan CPU dan RAM yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pembelajaran online dengan mengimplementasikan audio, video, screen recording berbasis teknologi WebRTC menggunakan media server serta collaborative whiteboard dan mengetahui kinerja dari teknologi WebRTC menggunakan Kurento Media Server dalam pembelajaran online. Penelitian ini menerapkan teknologi WebRTC (Web Real-Time Communications) dengan Kurento Media Server untuk mengintegrasikan komunikasi real-time yang ramah resource. Penelitian ini membandingkan performa tiga aplikasi yakni Gmeet, Zoom, serta aplikasi yang dibuat (MeetUp) dalam hal penggunaan CPU, penggunaan RAM, dan throughput saat menggunakan media webcam dan screen share. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi MeetUp memiliki penggunaan CPU dan RAM terendah di setiap media pada keseluruhan client yang diujikan, sedangkan pada perbandingan throughput, aplikasi Gmeet lebih hemat dalam penggunaan data saat mendownload dan aplikasi MeetUp lebih hemat dalam penggunaan data saat mengupload pada kedua jenis media. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi WebRTC dengan Kurento Media Server dapat memberikan solusi yang ramah resource dalam pembelajaran online.

Keywords : WebRTC, Performansi, CPU, RAM, Throughput, Kurento Media Server

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: WebRTC, Performance, CPU, RAM, Throughput, Kurento Media Server
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 May 2024 02:25
Last Modified: 14 May 2024 02:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32421

Actions (login required)

View Item
View Item