Analisis dan Identifikasi Pengaruh Loss Daya Saluran Transmisi Serat Optik Terhadap Kualitas Layanan Internet (Studi Kasus: Biznet Branch Gowa Bontoramba) = Analysis and Identification of the Effect of Fiber Optic Transmission Channel Power Loss on Internet Service Quality (Case Study: Biznet Branch Gowa Bontoramba)


Risma, Risma (2023) Analisis dan Identifikasi Pengaruh Loss Daya Saluran Transmisi Serat Optik Terhadap Kualitas Layanan Internet (Studi Kasus: Biznet Branch Gowa Bontoramba) = Analysis and Identification of the Effect of Fiber Optic Transmission Channel Power Loss on Internet Service Quality (Case Study: Biznet Branch Gowa Bontoramba). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D041181023_skripsi_04-08-2023 caver1.jpg

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D041181023_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D041181023_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D041181023_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Serat optik merupakan media transmisi yang memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam mentransfer data lebih cepat karena terbuat dari kaca untuk mentransmisikan data melalui sinyal cahaya. Adanya permasalahan redaman pada serat optik, perlu diakomodasi sehingga dapat meminimalisir terjadinya loss daya pada serat optik. Dengan adanya penelitian ini dapat diketahui besarnya nilai dari suatu redaman transmisi serat optik melalui metode pengukuran menggunakan OPM, mengidentifikasi loss daya saluran serat optik, mengetahui korelasi nilai redaman terhadap loss daya pada transmisi serat optik, serta mengetahui perbandingan nilai hasil pengukuran OPM dengan perhitungan secara teori. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran daya kirim pada delapan ODP dan daya terima pada delapan rumah pelanggan dengan jarak 100 meter hingga 850 meter. Maka dapat diperoleh hasil penelitian yaitu, besarnya daya optik yang terukur di rumah pelanggan dipengaruhi oleh daya optik yang terukur pada ODP. Daya optik pada ODP bernilai kecil dengan nilai daya optik rata-rata -21,60 dB, hal ini membuat daya optik pada rumah pelanggan yaitu ONT cenderung semakin kecil dengan nilai daya optik rata-rata -23,27 dB. Terjadi penambahan nilai -1,57 dB per transmisi. Terdapat perbedaan antara data pengukuran dengan data pembacaan ONT rata-rata senilai 1 dB dimana data pengukuran cenderung bernilai lebih besar dari pada data pembacaan ONT. Dilakukanlah suatu perhitungan untuk mengidentifikasi penyebab dari besarnya nilai redaman pada kabel serat optik. Sehingga diketahui bahwa semakin panjang kabel yang digunakan untuk transmisi serat optik maka redaman yang dihasilkan akan semakin besar sehingga daya optik yang dipancarkan oleh pengirim akan semakin melemah seiring dengan panjangnya kabel. Hal inilah yang akan mempengaruhi kualitas dari layanan internet.

Keywords : Serat Optik, Loss Daya, Pembacaan ONT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fiber Optic, Power Loss, ONT Reading
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 May 2024 02:08
Last Modified: 14 May 2024 02:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32372

Actions (login required)

View Item
View Item