ANALISIS KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PENYEBERANGAN DANAU TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR PROVINSI SULAWESI SELATAN = PERFORMANCE ANALYSIS OF LAKE TOWUTI CROSSING TRANSPORTATION SERVICES IN EAST LUWU REGENCY SOUTH SULAWESI PROVINCE


Firdaus, Ahmad (2023) ANALISIS KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PENYEBERANGAN DANAU TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR PROVINSI SULAWESI SELATAN = PERFORMANCE ANALYSIS OF LAKE TOWUTI CROSSING TRANSPORTATION SERVICES IN EAST LUWU REGENCY SOUTH SULAWESI PROVINCE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031181327_skripsi_09-05-2023 cover1.jpg

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D031181327_skripsi_09-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031181327_skripsi_09-05-2023 dp.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031181327_skripsi_09-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

KMP Pangkilang merupakan salah satu angkutan penyeberangan yang ada di danau Towuti. KMP Pangkilang pertama kali dioperasikan pada tanggal 05 Agustus 2021 dengan melayani penyeberangan dari pelabuhan Timampu menuju pelabuhan Tokalimbo. KMP Pangkilang diharapkan dapat memberikan kinerja pelayanan yang baik, aman dan nyaman serta memperkuat konektivitas penyeberangan dan sektor logistik di wilayah Sulawesi Selatan khususnya Danau Towuti.Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pelayanan angkutan penyeberangan KMP Pangkilang serta memberikan strategi alternatif untuk mengatasi permasalahan kinerja pelayanan angkutan penyeberangan KMP Pangkilang.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi secara langsung dan pembagian kuesioner kepada penumpang yang mengacu pada PM 62 Tahun 2019 tentang standar pelayanan minimal angkutan penyeberangan. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis untuk mengetahui kinerja suatu atribut pelayanan berdasarkan tingkat kepentingan (Importance) dan tingkat kinerja (Performance).Hasil penelitian yang diperoleh untuk nilai tingkat kesesuaian keseluruhan atribut pelayanan sebesar 89% yang berarti sudah sangat baik. Dari hasil analisis kuadran terdapat dua atribut pelayanan yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan peningkatan kinerja, kedua atribut pelayanan tersebut adalah fasilitas keamanan dan ketertiban serta fasilitas bagi ibu menyusui. Kinerja pelayanan pada kedua atribut pelayanan belum sesuai dengan harapan masyarakat sehingga perlu dilakukan perbaikan terhadap kinerja pelayanan dari kedua atribut.

Keywords : Angkutan Penyeberangan, Kinerja Pelayanan, Importance Performance Analysis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Crossing Transportation, Service Performance, Importance Performance Analysis
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 May 2024 06:53
Last Modified: 08 May 2024 06:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32323

Actions (login required)

View Item
View Item