STUDI TAHANAN KAPAL AKIBAT PENGARUH DOUBLE OGIVE VORTEX GENERATOR : POSISI BERSILANGAN ARAH DIBELAKANG = STUDY OF SHIP RESISTANCE DUE TO THE EFFECT OF DOUBLE OGIVE VORTEX GENERATOR: CROSSING POSITIONS IN THE REAR


Rita, Hans Sanda (2023) STUDI TAHANAN KAPAL AKIBAT PENGARUH DOUBLE OGIVE VORTEX GENERATOR : POSISI BERSILANGAN ARAH DIBELAKANG = STUDY OF SHIP RESISTANCE DUE TO THE EFFECT OF DOUBLE OGIVE VORTEX GENERATOR: CROSSING POSITIONS IN THE REAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031181320_skripsi_24-05-2023 cover1.jpg

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D031181320_skripsi_24-05-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031181320_skripsi_24-05-2023 dp.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031181320_skripsi_24-05-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu tujuan utama dalam mendesain kapal adalah untuk memiliki sistem hemat energi dengan tahanan yang lebih rendah dan sistem propulsi yang lebih baik. Ini memastikan bahwa kapal akan memiliki kecepatan yang dikehendaki dengan menggunakan daya yang seminimal mungkin. Oleh sebab itu diperlukan modifikasi pada lambung kapal seperti menggunakan vortex generator. Desain vortex generator menggunakan bentuk Double Ogive vortex generator bersilangan arah di belakang. Penelitian dilakukan dengan variasi kecepatan dan trim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simulasi numerik dengan bantuan software Autodesk CFD (Complutational Fluid Dynamic). Dengan didapatkannya nilai tahanan pada model kapal tanpa menggunakan ogive vortex generator dan model kapal menggunakan ogive vortex generator bersilangan arah dibelakang, maka hasilnya dibandingkan sesuai kecepatan dan trim. Perbandingan nilai tahanan model kapal menggunakan double ogive vortex generator bersilangan arah dibelakang berkisar 1,85% hingga 10,88% lebih kecil dibandingkan tahanan model kapal tanpa menggunakan ogive vortex generator. Pengurangan nilai tahanan terbesar pada kecepatan 1,513 dengan trim 1°.

Keywords : Kapal Cepat, Vortex Generator, Trim Kapal, Tahanan Kapal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fast Ship, Vortex Generator, Ship Trim, Ship Resistance
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 May 2024 06:37
Last Modified: 08 May 2024 06:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32321

Actions (login required)

View Item
View Item