STUDI TAHANAN KAPAL AKIBAT PENGARUH DOUBLE RECTANGULAR VORTEX GENERATOR : POSISI BERSILANGAN ARAH DI DEPAN = STUDY OF SHIP RESISTANCE DUE TO THE INFLUENCE OF DOUBLE RECTANGULAR VORTEX GENERATOR : POSITION IN THE CROSS DIRECTION IN FRONT


Nurfadhil M, Muh. (2023) STUDI TAHANAN KAPAL AKIBAT PENGARUH DOUBLE RECTANGULAR VORTEX GENERATOR : POSISI BERSILANGAN ARAH DI DEPAN = STUDY OF SHIP RESISTANCE DUE TO THE INFLUENCE OF DOUBLE RECTANGULAR VORTEX GENERATOR : POSITION IN THE CROSS DIRECTION IN FRONT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031181310_skripsi_14-02-2023 cover1.jpg

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-3] Text (Bab 1-3)
D031181310_skripsi_14-02-2023 bab 1-3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031181310_skripsi_14-02-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031181310_skripsi_14-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu komponen yang harus dipertimbangkan dalam mendesain kapal yakni besar tahanan kapal yang timbul saat beroperasi, dimana terkait langsung dalam penentuan daya mesin utama kapal, sehingga dalam perencanaan kapal diusahakan tahahan kapal yang timbul lebih kecil untuk dapat mencapai kecepatan yang optimum dengan daya mesin yang sama. Salah satu cara meminimalisir besarnya nilai tahanan kapal dengan melakukan modifikasi pada lambung kapal, yakni dengan pemasangan Vortex Generator. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbandingan nilai tahanan kapal menggunakan double rectangular vortex generator dengan posisi bersilangan didepan dan tanpa double rectangular vortex generator dengan posisi bersilangan didepan serta menentukan karakteristik aliran fluida yang terjadi di sepanjang lambung kapal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komputasi dengan bantuan software Maxsurf Modeller dan Rhinoceros 6 untuk pemodelan, serta Autodesk CFD (Computational Fluid Dynamic) dalam melakukan proses analisis nilai tahanan kapal. Dengan didapatkannya hasil tahanan kapal dengan bantuan Autodesk CFD, dengan kondisi trim yang diperhitungkan yaitu trim 0° hingga 3°. Besarnya pengurangan nilai tahanan model kapal yang terbesar terjadi pada kecepatan 2,016 m/s pada kondisi trim 2°, dimana perbandingan nilai tahanan model kapal menggunakan double rectangular vortex generator posisi bersilangan didepan lebih kecil 11,67% jika dibandingkan dengan model kapal tanpa menggunakan double rectangular vortex genarator posisi bersilangan didepan

Keywords : Tahanan Kapal, Vortex Generator, dan Autodask CFD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ship Resistance, Vortex Generator, dan Autodask CFD
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 May 2024 00:26
Last Modified: 08 May 2024 00:26
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32319

Actions (login required)

View Item
View Item