Da Lopez, Kevin Adhitya (2023) INVESTIGASI TAHANAN KAPAL PLANNING HULL DENGAN STEPPED BENTUK 2U DAN DEADRISE ANGLE 5 DERAJAT MENGGUNAKAN AUTODESK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS = INVESTIGATION OF SHIP PLANNING HULL RESISTANCE WITH STEPPED SHAPE 2U AND DEAD RISE ANGLE 5 DEGREE USING AUTODESK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D31116315_skripsi_14-02-2023 cover1.jpg
Download (273kB) | Preview
D31116315_skripsi_14-02-2023 bab 1-3.pdf
Download (1MB)
D31116315_skripsi_14-02-2023 dp.pdf
Download (322kB)
D31116315_skripsi_14-02-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2026.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Kevin Adhitya Da Lopez / D31116315. ” INVESTIGASI TAHANAN KAPAL PLANNING HULL DENGAN STEPPED BENTUK 2U DAN DEADRISE ANGLE 5 DERAJAT MENGGUNAKAN AUTODESK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS ”. (Dibimbing oleh Mansyur Hasbullah dan A. Ardianti )
Prinsip dasar dari penggunaan lambung bertangga (Stepped planing hull) ialah mengurangi luas permukaan basah (wetted surface area) karena timbulnya turbulensi dibawah badan kapal, dan akan menambah daya tekan keatas kapal (lifting force), sehingga dengan sendirinya akan mengurangi tahanan dan menaikkan efisiensi. Penambahan Deadrise angle pada stepped hull merupakan variasi baru yang dilakukan pada penelitian ini. Hal ini dibuktikan dengan semakin tinggi derajat trim maka nilai tahanan kapal akan berkurang disebabkan oleh panjang garis air yang berkurang pula walaupun dengan kecepatan yang sama. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan bantuan software Maxsurf Modeler, Rhinoceros 6 untuk melakukan pemodelan kapal dan boundary layer, serta aplikasi Autodesk CFD untuk melakukan proses simulasi. Tahanan model kapal mengalami penurunan sesuai dengan penambahan jumlah stepped pada FnV yang sama. Penggunaan stepped sangat mempengaruhi tahanan kapal, dimana semakin bertambah jumlah stepped 2U maka semakin kecil pula tahanan yang didapatkan hal ini dipengaruhi oleh luas bidang basah suatu model, semakin cepat suatu aliran fluida semakin besar pula tekanan yang terjadi sehingga mengakibatkan daya angkat dan meminimalisir luas bidang basah yang tercelup. Tahanan terbaik adalah model 3 stepped 2U yang dapat mereduksi tahanan kapal paling besar yaitu sebesar 87,208% dibanding variasi jumlah stepped lainnya pada froud number yang sama.
Keywords : Semi Planing Hull, Stepped, Trim Kapal, Tahanan Kapal, Metode Numerik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Semi - Planing Hull, Stepped, Ship Trim , ship Resistance , Numerical Method |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 07 May 2024 07:14 |
Last Modified: | 07 May 2024 07:14 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32285 |