PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL NAHKODA KAPAL DI PT. PELAYARAN TONASA LINES MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX (National Aeronautics And Space Administration Task Load Index) (Studi Kasus PT. Pelayaran Tonasa Lines) = MENTAL WORKLOAD MEASUREMENT OF THE SHIP CAPTAIN AT PT. PELAYARAN TONASA LINES USING NASA-TLX METHOD (National Aeronautics And Space Administration Task Load Index) (Case Study of PT. Pelayaran Tonasa Lines)


Itmam, Laode Muhammad (2023) PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL NAHKODA KAPAL DI PT. PELAYARAN TONASA LINES MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX (National Aeronautics And Space Administration Task Load Index) (Studi Kasus PT. Pelayaran Tonasa Lines) = MENTAL WORKLOAD MEASUREMENT OF THE SHIP CAPTAIN AT PT. PELAYARAN TONASA LINES USING NASA-TLX METHOD (National Aeronautics And Space Administration Task Load Index) (Case Study of PT. Pelayaran Tonasa Lines). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D22116309_skripsi_04-08-2023 cover1.png

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D22116309_skripsi_04-08-2023 1-2.pdf

Download (964kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D22116309_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (855kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D22116309_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

PT. Pelayaran Tonasa Lines merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pelayaran yang berfungsi mendistribusikan hasil produksi berupa semen keantar pulau. Nahkoda sebagai salah satu elemen yang berpran penting ddalamnya yang bertugas menahkodai transportasi tersebut dalam hal in kapal curah. Dalam menjalankan aktvitasnya, tidak jarang seorang nahkoda mengalami dampakpsikologis, seperti harus mengambil keputusan dibawah tekanan dan mereka berpotensi mengalam rasa takut yang berlebihan karena tanggungjawab yang diembannya. Berdasarkan permasalahan tu dilakukan dengan tujuan menganalisa serta mengidentifikasi faktor apa saja yang menjadi pengaruh terhadap beban kerja mental yang berlebih teradap seorang nahkoda kapal di PT. Pelayaran Tonasa Lines Kabupaten Pangkep dan memberikan saran perbaikan untuk mengurangi tingkat beban kerja mental seorang nahkoda dengan menggunakan metode NASA-TLX. Hasil dan kesimpulan dari pengolahan data menunjukkan nilai beban kerja mental pada nahkoda kapal di PT. Pelayaran Tonasa Lines di Kabupaten Pangkep berada pada kategori sangat tinggi dyang mencapai angka 87. faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi beban kerja mental secara berurutan dari yang terbesar yaitu performansi kerja (22), usaha (19), tuntutan mental (16), tingkat frustasi (12), tuntutan waktu (11), dan yang terakhir tuntutan fisik (6). Sementara itu, tiap-tiap faktor yang ada tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap beban kerja mental responden secara statistik lewat uji T

Keywords : Nahkoda, Beban Kerja Mental, NASA-TLX

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Captain, Mental Workload, NASA-TLX
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 May 2024 06:19
Last Modified: 07 May 2024 06:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32276

Actions (login required)

View Item
View Item