RETNOKTAPIAN, EGHA (2019) ANALISA KINERJA MOTOR BENSIN MODEL TV1 DENGAN VARIASI KOMPRESI DAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PREMIUM, PERTALITE DAN PERTAMAX. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
19_D21115014_Cover1.jpg
Download (4kB) | Preview
19_D21115014(FILEminimizer) ... ok 1-2.pdf
Download (680kB)
19_D21115014(FILEminimizer) ... ok dapus-lam.pdf
Download (332kB)
19_D21115014(FILEminimizer) ... ok.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Motor bensin adalah suatu tipe mesin pembakaran dalam yang dapat men-gubah energi panas dari bahan bakar menjadi energi mekanik berupa daya poros pada putaran poros engkol. Energi panas diperoleh dari pembakaran bahan bakar dengan udara yang terjadi pada ruang bakar dengan bantuan bunga api yang be-rasal dari percikan busi untuk menghasilkan gas pembakaran. Untuk mengetahui kinerja mesin dapat dilihat dari daya efektif, komsumsi bahan bakar spesifik, rasio udara bahan bakar, efesiensi volumetris dan efesiensi thermis. Pengukuran kinerja mesin bensin dapat diamati melalui engine soft. Dari daya efektif, komsumsi bahan bakar spesifik, rasio udara-bahan bakar, efesiensi volumetris dan efesiensi thermis dapat dihitung. Pengujian dilakukan pada tiga bahan bakar yaitu ; premium, pertalite dan pertamax. Dengan memvariasikan rasio kompresi pada motor bensin kita dapat mengetahui kenerjanya. Hasil yang didapatkan dari pengujian ini adalah, nilai daya efektif tertinggi terdapat pada bahan bakar pertamax, rasio kompresi 10, pada putaran 1800 rpm, sebesar 3,18 kW. Untuk komsumsi bahan bakar spesifik yang paling ekonomis terdapat pada putaran 1500 rpm, rasio kompresi 8, sebesar 0,341 kg/kW.h pada bahan bakar pertalite . Untuk rasio udara-bahan bakar yang sesuai dengan standar operasional dari rasio komprsi 6, 8 dan 10 adalah bahan bakar pertalite. Untuk efesiensi volumetris yang tertinggi terdapat pada bahan bakar premium, rasio kompresi 8, pada putaran 1200 rpm, sebesar 54,91 %. Untuk efesiensi thermis tertinggi terjadi pada bahan bakar pertalite rasio kompresi 8, pada putaran 1500 rpm sebesar 25,86 %.
Kata Kunci: Bahan Bakar, Rasio Kompresi, kinerja motor bensin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 07:22 |
Last Modified: | 12 Mar 2021 07:22 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3223 |