LIFITRILLAH, NURA’DZIDZAH (2020) KOMPETENSI KOMUNIKASI RELAWAN KOMUNITAS SOKOLA KAKI LANGIT DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DI DESA BINAAN BONTO MANAI KABUPATEN MAROS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
NURA'DZIDZAH LIFITRILLAH - E022171023.pdf
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
NURA’DZIDZAH LIFITRILLAH. Kompetensi Komunikasi Relawan
Komunitas Sokola Kaki Langit dalam Penerapan Metode Pembelajaran di
Desa Binaan Bonto Manai Kabupaten Maros (dibimbing oleh Asfah
Rahman dan Muh. Nadjib).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui eksistensi relawan
komunitas Sokola Kaki Langit di SDN 186 Inpres Bonto Manai (2)
mengetahui kompetensi komunikasi relawan Sokola Kaki Langit dalam
menggunakan metode pembelajaran di SDN 186 Inpres Bonto Manai (3)
melihat faktor yang mempengaruhi penerapan kompetensi komunikasi
relawan Sokola Kaki Langit dalam menggunakan metode pembelajaran di
SDN 186 Inpres Bonto Manai.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Data diperoleh berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) eksistensi dari relawan
komunitas Sokola Kaki Langit terlihat dari tiga aspek yaitu alasan relawan
bergabung dalam komunitas peduli pendidikan, motivasi relawan, dan
peranan dari relawan itu sendiri, (2) kompetensi komunikasi relawan
terlihat dimana relawan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan motivasi
mereka dalam menggunakan metode pembelajaran, (3) faktor yang
mempengaruhi penerapan kompetensi komunikasi relawan yaitu media
pembelajaran yang kurang dan ruang kelas yang tidak kondusif.
Kata Kunci: Kompetensi Komunikasi, Relawan, Metode Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kompetensi Komunikasi, Relawan, Metode Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 07 May 2024 01:45 |
Last Modified: | 07 May 2024 01:45 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32159 |