Analisis Karakteristik Parkir Tepi Jalan di Sepanjang Jalan Boulevard = Characteristics Analysis of Roadside Parking on Boulevard Street


Hardiono, Debby Febriyanti (2023) Analisis Karakteristik Parkir Tepi Jalan di Sepanjang Jalan Boulevard = Characteristics Analysis of Roadside Parking on Boulevard Street. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011191044_skripsi_15-11-2023 caver1.jpg

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011191044_skripsi_15-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011191044_skripsi_15-11-2023 dp.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011191044_skripsi_15-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Meningkatnya aktivitas tata guna lahan di Jalan Boulevard menyebabkan tingginya utilisasi parkir tepi jalan. Parkir tepi jalan ini berdampak mengurangi kapasitas Jalan Boulevard sehingga arus lalu lintas sering macet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik parkir tepi jalan yang terdapat pada sepanjang Jalan Boulevard dan menganalisis kapasitas parkir di sepanjang Jalan Boulevard sudah sesuai kebutuhan dan dapat menampung kendaraan yang pada jam-jam puncak. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu survei langsung di lapangan dengan metode pencatatan dan perhitungan jumlah kendaraan masuk dan keluar di setiap zona sepanjang Jalan Boulevard. Adapun waktu pelaksanaan ini diambil sebanyak 2 hari yaitu hari Senin (hari kerja) dan hari Sabtu (hari libur) dengan pengambilan data yaitu pada pukul 10.00 – 17.00 WITA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan akumulasi parkir tertinggi untuk mobil terjadi pada Zona 3 dengan akumulasi masuk berjumlah 15 kendaraan dan akumulasi keluar berjumlah 18 kendaraan, sedangkan untuk motor terjadi pada Zona 6 dengan akumulasi masuk berjumlah 46 kendaraan dan akumulasi keluar berjumlah 36 kendaraan. Volume parkir tertinggi mobil berjumlah 126 kendaraan pada Zona 2, sedangkan untuk motor berjumlah 303 kendaraan pada Zona 6. Tingkat pergantian parkir tertinggi untuk mobil terjadi pada Zona 6 sebesar 8.86 (kend/srp/hari), sedangkan untuk motor terjadi pada Zona 9 sebesar 2.59 (kend/srp/hari). Indeks parkir tertinggi untuk mobil terjadi pada Zona 6 mencapai 170.27%, sedangkan untuk motor terjadi pada Zona 9 mencapai 96.30%. Kebutuhan ruang parkir untuk mobil pada Zona 2, Zona 3, Zona 5, dan Zona 6 belum mencukupi, sedangkan untuk motor sudah mencukupi pada semua zona.

Keywords : Analisis Karakteristik, Parkir Tepi Jalan, Boulevard

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Characteristics Analysis, Roadside Parking, Boulevard
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 May 2024 06:44
Last Modified: 06 May 2024 06:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32072

Actions (login required)

View Item
View Item