Perilaku Geser Balok Beton Bertulang yang Diperkuat dengan Strip U-Wrap Abaca Fiber Reinforced Polymer Sheet = Shear Behavior of Reinforced Concrete Beam with Streap U-Wrap Abaca Fiber Reinforced Polymer Sheet


Reski, Nindya Ade (2023) Perilaku Geser Balok Beton Bertulang yang Diperkuat dengan Strip U-Wrap Abaca Fiber Reinforced Polymer Sheet = Shear Behavior of Reinforced Concrete Beam with Streap U-Wrap Abaca Fiber Reinforced Polymer Sheet. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011191039_skripsi_04-08-2023 caver1.jpg

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011191039_skripsi_04-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011191039_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011191039_skripsi_04-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2026.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Struktur beton bertulang merupakan struktur dengan penggunaan terbanyak di industri konstruksi modern pada pembangunan infrastruktur seperti gedung, jembatan dan struktur lainnya Seperti halnya manusia, suatu infrastruktur juga memiliki umur rencana. Semakin tua umur manusia maka semakin berkurang kinerja dan kualitasnya, sama halnya dengan gedung, semakin tua suatu gedung maka semakin berkurang kapasitas dan kekuatannya sehingga akan menyebabkan kerusakan pada struktur. Untuk meningkatkan kapasitas struktur dalam memikul beban digunakan metode perbaikan dan perkuatan struktur, salah satu metode yang populer dalam perkuatan struktur adalah penggunaan Fiber Reinforced Polymer. Pembuatan FRP dilakukan dengan tenaga mesin pada pabrik. Dengan menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar dalam pembuatan FRP ini, produksinya dinilai tidak ramah lingkungan. Untuk itu, para ahli berusaha mencari material yang bersifat alami dengan karakteristik yang berpotensi memiliki kuat tarik tinggi, ramah lingkungan dan penggunaan biaya yang lebih murah serta berkelanjutan (sustainable). Serat Abaca memiliki potensial yang besar untuk dikembangkan sebagai alternatif perkuatan struktur beton bertulang berupa natural fiber yang terinspirasi dari CFRP dan GFRP. Penelitian ini akan mengembangkan natural fiber reinforced polymer dalam bentuk lembaran yang akan digunakan sebagai material perkuatan geser balok beton bertulang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku geser serta pola retak dan mode kegagalan balok beton bertulang dengan perkuatan Strip U-Wrap Abaca Fiber Reinforced Polimer Sheet. Perilaku geser didiskusikan berdasarkan perilaku beban-lendutan, beban maksimum, beban-regangan baja dan beban-regangan beton. Tahapan penelitian yaitu pengujian geser balok menggunakan sampel balok 150x300 mm dengan panjang 2300 mm sebanyak 3 buah yang terdiri atas balok kontrol, balok dengan perkuatan Glass Fiber Reinforced Polymer strip U-Wrap dan balok dengan perkuatan Abaca Fiber Reinforced Polymer strip U-Wrap masing-masing sebanyak 1 buah. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan serat abaka sebagai alternatif perkuatan pada fiber reinforced polymer dapat meningkatkan kapasitas geser pada balok. Dari mode kegagalan, balok yang diperkuat dengan Abaca Fiber Reinforced Polymer mengalami kegagalan lentur.

Keywords : Kapasitas struktur, Abaca, Fiber Reinforced Polymer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Capacity of structures, Abaca, Fiber Reinforced Polymer
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 May 2024 06:41
Last Modified: 06 May 2024 06:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32069

Actions (login required)

View Item
View Item