Arwam, Berlian Zeth Lolodatu (2023) Analisis Efektifitas Jembatan Penyeberangan Terhadap Kinerja Lalu Lintas Poros Jalan Perintis Kemerdekaan Studi Kasus Jembatan Penyeberangan Makassar Town Square = Analysis Of The Effectiveness Of Pedestrian Bridge On The Performance Of Perintis Kemerdekaan Road Traffic Case Study Of Makassar Town Square Pedestrian Bridge. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D011181702_skripsi_01-08-2023 caver1.jpg
Download (366kB) | Preview
D011181702_skripsi_01-08-2023 bab 1-2.pdf
Download (1MB)
D011181702_skripsi_01-08-2023 dp.pdf
Download (104kB)
D011181702_skripsi_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2026.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Jembatan penyeberangan merupakan fasilitas pejalan kaki yang diperuntukkan untuk menyeberangi jalan raya yang memiliki intensitas tinggi dengan volume kendaraan yang cukup padat dan memiliki badan jalan yang lebar,yang memisahkan lalu lintas dan orang (pejalan kaki) secara fisik. Jembatan penyeberangan orang dibutuhkan dalam ruas-ruas jalan yang memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi, seperti halnya daerah perkotaan. Dimana fungsi prasarana dan sara jaringan pejalan kaki yang dibuat pemerintah ini, adalah untuk memfasilitasi pergerakan pejalan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menjamin aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan pejalan kaki.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas jembatan penyeberangan terhadap kinerja lalu lintas , menganalisis jenis penyeberangan yang lebih efektif pada lokasi jembatan penyeberangan yang ditinjau dari jumlah penyeberangan (P) dan volume lalulintas (V), menganalisis tingkat keefektifan jembatan penyeberangan berdasarkan volume pejalan kaki.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan,diperoleh efektivitas jembatan penyeberangan terhadap kinerja lalu lintas dinilai tidak efektiv, tingkat efektivitas penggunaan jembatan penyeberangan pada hari Minggu “efektif” dengan nilai persentase sebesar 61% dan untuk hari Senin “cukup efektif” dengan nilai persentase sebesar 58%. Adapun hasil analisis yang diperoleh untuk jembatan penyeberangan, nilai PV2 > 2x108 , dengan P berada pada 50-100 orang/jam dan V berada pada >750 kendaraaan/jam, maka sesuai dengan keputusan Direktorat Jendral Bina Marga tahun 1995, fasilitas penyeberangan yang sesuai untuk jembatan penyeberangan ini adalah fasilitas penyeberangan Pelician dengan lapak tunggu.
Keywords : Efektivitas, Penyeberangan, Pejalan kaki
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Crossing, Pedestrians |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 06:31 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 06:31 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/32045 |