Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Agresif pada Gamers Remaja di Kota Makassar


Auliah, Luluk (2023) Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Agresif pada Gamers Remaja di Kota Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
Q11116019_skripsi_27-11-2023 cover1.png

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
Q11116019_skripsi_27-11-2023 dp.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
Q11116019_skripsi_27-11-2023 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Q11116019_skripsi_27-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Kecanduan game online merupakan sikap berlebihan seseorang yang secara terus menerus ingin menghabiskan waktu untuk bermain game online sehingga terlalu lama menggunakan game online tanpa peduli konsekuensinya. Game online tidak hanya memberikan manfaat seperti menghilangkan stress, namun juga dapat berdampak negatif seperti memunculkan perilaku agresif. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian regresional. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 124 orang yang merupakan remaja pengguna game online, yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan untuk uji hipotesis pada penelitian ini adalah menggunakan uji regresi linear sederhana.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan ada pengaruh variabel kecanduan game online dengan variabel perilaku agresif remaja. Berdasarkan hasil analisis uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai Rsquare sebesar 5,4% yang berarti besaran pengaruh yang diberikan variabel independent terhadap dependen berada pada kategori sangat lemah. nilai R yang dihasilkan pada regresi linear sederhana sebesar 0,233 yaitu pada kategori lemah. Disimpulkan bahwa hubungan variabel kecanduan game online dengan perilaku agresif memiliki kekuatan hubungan yang lemah. Namun meskipun lemah, korelasi antar kedua variabel bernilai positif. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecanduan game online makan akan semakin meningkat perilaku agresif gamer remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecanduan game online, perilaku agresif, gamer
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 06 May 2024 01:42
Last Modified: 06 May 2024 01:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31998

Actions (login required)

View Item
View Item