Efektivitas Hukum Terhadap Penolakan Pencatatan Perkawinan Dibawah Umur Di Kabupaten Morowali = Legal Effectiveness Against Denial Of Registration Of Underage Marriages In Morowali Regency


Mauliah, Asri Erna (2023) Efektivitas Hukum Terhadap Penolakan Pencatatan Perkawinan Dibawah Umur Di Kabupaten Morowali = Legal Effectiveness Against Denial Of Registration Of Underage Marriages In Morowali Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B012211081_tesis_19-10-2023 CAVER1.jpg

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B012211081_tesis_19-10-2023 BAB 1-2.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B012211081_tesis_19-10-2023 DP.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B012211081_tesis_19-10-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2026.

Download (882kB)

Abstract (Abstrak)

ASRI ERNA MAULIAH (B012211081). EFEKTIVITAS HUKUM TERHADAP PENOLAKAN PENCATATAN PERKAWINAN DIBAWAH UMUR DI KABUPATEN MOROWALI. Dibimbing oleh (Padma D. Liman) sebagai Pembimbing Utama dan (Ratnawati) sebagai Pembimbing Pendamping.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas hukum penolakan pencatatan perkawinan dibawah umur oleh kantor urusan agama kabupaten Morowali. dan menganalisis apakah penolakan dispensasi merugikan perkawinan anak dibawah umur Metode penelitian ini menggunakan tipe penelitian hukum empiris yang dilakukan dengan meneliti data primer dan sekunder, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari masyarakat melalui studi lapangan dan studi pustaka. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. Data yang diperoleh akan dianalisa secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif sebagaimana dengan penjelasan yang berkaitan dengan penelitian ini, kemudian menarik kesimpulan berdasarkan analisis yang penulis lakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penolakan pencatatan perkawinan dibawah umur di kabupaten Morowali tidak efektif sebagaimana mestinya. Dilihat dari faktor hukum, faktor sarana dan prasarana, faktor masyarakat, dan faktor kebudayaan, banyak anak yang perkawinannya tidak dicatatkan melalui kantor urusan agama. Adanya surat penolakan perkawinan dari kantor urusan agama tidak dilanjutkan untuk meminta dispensasi kawin ke pengadilan, dengan alasan jarak yang jauh, biaya yang mahal, serta pengurusan administrasi dan persidangan yang dianggap rumit, akibatnya perkawinan anak dibawah umur belum diakui oleh negara dan tidak memiliki akta nikah. (2) penolakan dispensasi oleh pengadilan merugikan perkawinan anak dibawah umur, karena perkawinannya belum diakui oleh negara, tidak memiliki akta nikah, anak sulit mendapatkan hak waris saat orang tuanya meninggal dunia, serta banyak perceraian terjadi yang disebabkan dari aspek psikologis, aspek ekonomi, dan aspek kesehatan, akan tetapi banyaknya akibat-akibat tersebut diabaikan oleh anak dan tetap melakukan perkawinan.

Keywords : Penolakan Pencatatan, Perkawinan, Anak, Dispensasi, KUA.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Denial of Record, Marriage, underage children, Dispensation, Religious Affairs Office
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:27
Last Modified: 25 Apr 2024 06:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31956

Actions (login required)

View Item
View Item