Rantai Nilai Stick Jagung di UMKM Cahaya Bintang Cakrawala Kota Gorontalo = Corn Stick Value Chain in UMKM Cahaya Bintang Cakrawala in Gorontalo City


Harun, Alvina (2023) Rantai Nilai Stick Jagung di UMKM Cahaya Bintang Cakrawala Kota Gorontalo = Corn Stick Value Chain in UMKM Cahaya Bintang Cakrawala in Gorontalo City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191172_skripsi_07-11-2023 CAVER1.jpg

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191172_skripsi_07-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (956kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191172_skripsi_07-11-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191172_skripsi_07-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Jagung menjadi salah satu komoditi primadona di Provinsi Gorontalo. Namun, kebanyakan olahan jagung yang tersedia belum variatif dan masih dijual dalam bentuk mentah. Disisi lain usaha olahan pangan Gorontalo lebih condong mengolah komoditi non jagung. Adapun UMKM Cahaya Bintang Cakrawala menjadi salah satu usaha pelopor olahan jagung Gorontalo. Sehingga untuk meningkatkan daya saing usaha ini, diperlukan analisis kinerja dari setiap aktivitas rantai nilai yang kemudian dilanjutkan dengan perumusan inovasi pengembangan berdasarkan penilaian kinerja tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif untuk menganalisis data kinerja sub aktivitas. Pendekatan analisis melibatkan analisis rantai nilai dan normalisasi snorm de boer, kemudian dilanjutkan dengan analisis deskriptif untuk merumuskan inovasi yang perlu dilakukan dalam pengembangan kinerja rantai nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sub aktivitas primer yang memiliki kinerja paling rendah yaitu berada pada indikator rata-rata adalah Operasi dan dapat dilakukan inovasi dengan mengurangi frekuensi pencucian bahan baku, meningkatkan perendaman dengan air kapur, mengeringkan tepung dengan menggunakan mesin, dan membentuk adonan stick jagung dengan mesin. Kemudian untuk sub aktivitas pendukung dengan kinerja sangat rendah yaitu Manajemen SDM, Pengembangan Teknologi, dan Pembelian. Untuk inovasi pada manajemen SDM dilakukan dengan penetapan tanggung jawab karyawan secara jelas, peningkatan efektivitas pelatihan, menambah frekuensi evaluasi usaha. Kemudian untuk sub aktivitas pengembangan teknologi dapat ditingkatkan dengan mulai melakukan investasi pada mesin produksi pembuatan tepung. Serta untuk sub aktivitas pembelian dapat dilakukan dengan mencari opsi pembiayaan yang tepat.

Keywords : Rantai Nilai, Kinerja, Inovasi, Stick Jagung, UMKM Cahaya Bintang Cakrawala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Value Chain, Performance, Innovation, Corn Stick, UMKM Cahaya Bintang Cakrawala.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:09
Last Modified: 24 Apr 2024 02:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31830

Actions (login required)

View Item
View Item