Aplikasi Structural Equation Modelling Dalam Menentukan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Kakao di Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang = The Application of Structural Equation Modeling in Determining the Factors That Affect the Welfare of Cocoa Farmer Households in the Lembang sub-district, Pinrang Regency


Hardiyanti, Hardiyanti (2023) Aplikasi Structural Equation Modelling Dalam Menentukan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Kakao di Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang = The Application of Structural Equation Modeling in Determining the Factors That Affect the Welfare of Cocoa Farmer Households in the Lembang sub-district, Pinrang Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021191086_skripsi_07-11-2023 CAVER1.jpg

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021191086_skripsi_07-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021191086_skripsi_07-11-2023 DP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021191086_skripsi_07-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2026.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Kakao merupakan komoditas unggulan di Provinsi Sulawesi Selatan dengan sentra produksi meliputi beberapa Kabupaten yakni Luwu Utara, Luwu, Wajo, Bone, dan Pinrang.
Produksi kakao Indonesia pada beberapa tahun terakhir mengalami naik turun, Tingkat produksi kakao dipengaruhi oleh usahatani. Usahatani kakao akan memberikan keuntungan besar apabila semua pelaku agribisnis kakao bekerjasama mulai dari penyaluran saprodi, sampai kepada pemasaran produk yang dihasilkan oleh setiap pelaku agribisnis kakao yang dilakukan dengan bersinergi dan saling mendukung setiap subsistemnya akan mampu meningkatkan produktivitas secara optimal selain itu rendahnya mutu kakao Indonesia tidak saja menimbulkan kerugian besar di pasaran dunia, tapi juga berdampak terhadap pendapatan petani dan produksi kakao.
Agar dapat mengetahui seberapa besar pengaruh dari faktor produksi, sosial demografi, modal sosial, dan produktivitas terhadap kesejahteraan rumah tangga petani kakao di Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang maka penulis akan menggunakan analisis structural equation modeling (SEM) dengan bantuan aplikasi AMOS. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 120 orang petani kakao yang tersebar di kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang.Dari hasil pengujian diperoleh bahwa faktor produksi, sosial demografi, dan modal sosial memiliki pengaruh secara langsung terhadap Produktivitas. Faktor produksi, sosial demografi, modal sosial, dan produktivitas memiliki pengaruh secara langsung terhadap Kesejahteraan rumah tangga petani kakao di kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang. Produktivitas memiliki pengaruh secara langsung terhadap kesejahteraan rumah tangga petani kakao di Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.

Kata Kunci: Produktivitas, Kesejahteraan, Petani Kakao.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Productivity, Welfare, Cocoa Farmers
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:28
Last Modified: 19 Apr 2024 07:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31801

Actions (login required)

View Item
View Item