Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Petani dalam Pengendalian Hama dan Penyakit secara Terpadu pada Tanaman Padi di Kabupaten Toraja Utara = Knowledge, Attitudes, and Behavior of Farmers in Integrated Pests and Diseases Management on Rice Plants in North Toraja Regency


Mari`pi, Renaldy (2023) Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Petani dalam Pengendalian Hama dan Penyakit secara Terpadu pada Tanaman Padi di Kabupaten Toraja Utara = Knowledge, Attitudes, and Behavior of Farmers in Integrated Pests and Diseases Management on Rice Plants in North Toraja Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G011181444_skripsi_07-11-2023 CAVER1.jpg

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G011181444_skripsi_07-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (866kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G011181444_skripsi_07-11-2023 DP.pdf

Download (957kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G011181444_skripsi_07-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Petani dalam Pengendalian Hama dan Penyakit secara Terpadu pada Tanaman Padi di Kabupaten Toraja UtaraRENALDY MARI’PI, ASMAN, MUH. JUNAID(Renaldymaripi11@gmail.com)Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan,Fakultas Pertanian, Universitas HasanuddinABSTRAKPengendalian hama dan penyakit terpadu (PHPT) merupakan suatu inovasi berupa strategi pengendalian yang terbukti efektif dalam mengendalikan hama dan penyakit salah satunya pada tanaman padi. Namun demikian, pewacanaan serta pengaktualan konsep PHPT khususnya pada tanaman padi di kalangan petani masih belum konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku petani serta hubungan antar ketiga variabel tersebut dalam pengendalian hama dan penyakit secara terpadu pada tanaman padi. Penelitian ini dilaksanakan di Lembang Tampan Bonga, Kecamatan Bangkelekila’, Kelurahan Laang Tanduk Kecamatan Rantepao, dan Lembang Sa’dan Pebulian, Kecamatan Sa’dan Kabupaten Toraja Utara, yang dilaksanakan mulai dari bulan Februari sampai April 2023 menggunakan metode survei dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Petani responden berjumlah 60 orang yang dipilih secara acak. Variabel pada penelitian ini ialah tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku petani dalam mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman padi. Pengolahan data dianalisis dengan analisis statistic deskriptif menggunakan tabel skoring serta analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan perilaku petani dalam pengendalian hama dan penyakit secara terpadu pada tanaman padi di Kabupaten Toraja Utara masih tergolong Sedang dan sikap petani sudah tergolong Baik. Tingkat pengetahuan terhadap sikap petani dan pengetahuan terhadap perilaku petani memiliki hubungan linier, sedangkan sikap petani tidak memiliki hubungan yang linier dengan perilaku petani.

Keywords : Analisis Deskriptif, Analisis Korelasi, Kuesioner, PHPT, Tabel Skoring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Correlation Analysis, Descriptive Analysis, IPM, Suspension Table, Questionnaire
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Apr 2024 05:39
Last Modified: 18 Apr 2024 05:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31675

Actions (login required)

View Item
View Item