PREFERENSI PREDATOR Coccinella sp. TERHADAP LARUTAN BUNGA KENIKIR DAN ZINNIA DENGAN PENAMBAHA PEMANIS ORGANIK


CHAERIYAH, NAEILUL (2019) PREFERENSI PREDATOR Coccinella sp. TERHADAP LARUTAN BUNGA KENIKIR DAN ZINNIA DENGAN PENAMBAHA PEMANIS ORGANIK. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
G022171005 - NAEILUL CHAERIYAH.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pengendalian hama secara hayati dengan pemanfaatan predator, parasitoid dan patogen serangga dinilai sangat prospektif. Salah satu predator yang paling banyak ditemui di lapangan yaitu Coccinella sp. (Coleoptera:Coccinellidae), yang pada umumnya memangsa serangga�serangga kecil. Nektar merupakan salah satu sumber energi bagi predator. Kandungan nektar pada bunga bervariasi antara 10 µg sampai 163 µg perbunga. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya simpan ekstrak bunga tanpa pemanis dan dengan pemanis pada botol kaca dan plastik, ketertarikan predator terhadap larutan bunga Kenikir dan Zinnia ditambahkan pemanis organik seperti larutan madu, gula merah, gula pasir, dan air steril sebagai kontrol, serta kemampuan memangsa Coccinella sp. terhadap Aphids sp.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penggunaan botol kaca dalam penyimpanan larutan bunga lebih baik dalam hal kualitas produk di bandingkan dengan menggunakan wadah plastik. Frekuensi kunjungan imago predator Coccinella sp. paling sering ke sirup bunga Zinnia putih yang ditambahkan pemanis larutan gula merah dan paling lama berada pada sirup bunga kenikir kuning yang ditambahkan larutan madu. Selama delapan jam, terlihat bahwa semakin banyak mangsa yang
diberikan maka akan semakin tinggi tingkat pemangsaan predator Coccinella sp.
Kata Kunci :Coccinella sp., Aphids sp., Bunga Kenikir, Bunga Zinnia, Pemanis organik

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Coccinella sp., Aphids sp., Bunga Kenikir, Bunga Zinnia, Pemanis organik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Ilmu Hama dan Peny. Tumbuhan
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 18 Apr 2024 03:18
Last Modified: 18 Apr 2024 03:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31657

Actions (login required)

View Item
View Item