Revitalisasi Taman Lapangan Nasional Sinjai Sebagai Ruang Terbuka Hijau Publik di Kabupaten Sinjai = Revitalization of the Sinjai National Field Park as a Public Green Open Space in Sinjai Regency


Nadia, Nadia (2023) Revitalisasi Taman Lapangan Nasional Sinjai Sebagai Ruang Terbuka Hijau Publik di Kabupaten Sinjai = Revitalization of the Sinjai National Field Park as a Public Green Open Space in Sinjai Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G011181062_skripsi_07-11-2023 CAVER1.jpg

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G011181062_skripsi_07-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G011181062_skripsi_07-11-2023 DP.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G011181062_skripsi_07-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 December 2025.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Peningkatan kualitas taman merupakan upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan daya guna suatu kawasan yang sebelumnya mengalami penurunan baik dalam hal kualitas fisik maupun kurang optimalnya fungsi kawasan tersebut. Peningkatan ini dilakukan diantaranya dengan penataan taman, serta mengoptimalkan fungsi taman sebagai ruang publik dengan penyediaan fasilitas penunjang, sehingga kegiatan yang dilakukan pengunjung di dalam taman dapat terwadahi dengan baik. Penelitian ini bertujuan merevitalisasi Taman Lapangan Nasional Sinjai untuk meningkatkan kualitas serta memaksimalkan fungsi taman sebagai ruang publik. Penelitian bertempat di Taman Lapangan Nasional Sinjai, Biringere, Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Menggunakan metode perancangan lanskap, terdiri dari tahap inventarisasi, analisis, sintesis, konsep, perencanaan dan perancangan. Konsep dasar Revitalisasi Taman Lapangan Nasional Sinjai yaitu untuk menciptakan taman kota yang fungsional sebagai ruang publik tanpa menghilangkan fungsi penting taman sebagai paru-paru kota. Konsep pengembangan terdiri dari konsep tata ruang yang berdasarkan kegiatannya terbagi atas zona aktif dan zona pasif. Konsep tata hijau berdasarkan fungsinya yaitu sebagai peneduh, pembatas, estetika, pengarah dan penyerap polutan. Konsep sirkulasi merupakan sirkulasi yang fungsinya sebagai jalur penghubung pada taman berupa sirkulasi pejalan kaki. Konsep fasilitas utilitas merupakan fasilitas yang ditambahkan yang dapat menunjang aktivitas pengunjung di dalam taman. Tanaman yang digunakan dalam perancangan terdiri dari 24 jenis baik dari tanaman penutup tanah, semak maupun perdu, beberapa diantaranya Zoysia japonica, Maranta leuconeura, Philodendron erubescens, Iris pseudacorus, Reullia simplex, Heliconia, Euodia ridleyi Licuala grandis. Elemen keras terdiri dari gazebo, lampu taman, tempat sampah, bangku taman, fasilitas bermain, jogging track dan alat fitnes.

Kata kunci: Taman, Kualitas taman, Revitalisasi, Perancangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Taman, Kualitas taman, Revitalisasi, Perancangan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Apr 2024 02:59
Last Modified: 18 Apr 2024 02:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31647

Actions (login required)

View Item
View Item