FENOMENA CATCALLING YANG DIALAMI OLEH PEREMPUAN DI MAKASSAR: ANALISIS ILMU SEMIOTIKA = CATCALLING PHENOMENON EXPERIENCED BY WOMEN IN MAKASSAR: SEMIOTICS ANALYSIS


Muchtar, Jumardin (2023) FENOMENA CATCALLING YANG DIALAMI OLEH PEREMPUAN DI MAKASSAR: ANALISIS ILMU SEMIOTIKA = CATCALLING PHENOMENON EXPERIENCED BY WOMEN IN MAKASSAR: SEMIOTICS ANALYSIS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F022211003_tesis_09-11-2023 CAVER1.jpg

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F022211003_tesis_09-11-2023 BAB 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F022211003_tesis_09-11-2023 DP.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F022211003_tesis_09-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2025.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

JUMARDIN MUCHTAR. Fenomena Catcalling yang Dialami Perempuan di Makassar: Analisis Semiotika. (Dibimbing oleh Harlinah Sahib dan Fathu Rahman).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan bentuk-bentuk tanda catcalling yang dialami oleh perempuan di Makassar. (2) menjelaskan alasan/penyebab terjadinya aktivitas catcalling di Makassar dan (3) mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh perempuan dalam menghadapi penolakan catcalling di Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian kualitatif ini diawali dengan asumsi, pandangan dunia, kemungkinan penggunaan lensa teori, dan masalah penelitian yang menanyakan tentang makna yang dilekatkan individu atau kelompok pada suatu masalah sosial atau kemanusiaan. Dan juga partisipan dari penelitian ini adalah perempuan dan laki-laki yang pernah mengalami catcalling. Dalam artian perempuan sebagai korban dan laki-laki sebagai pelaku catcalling di Makassar. Dan juga jumlah partisipan penelitian sebanyak tiga puluh delapan orang dengan rincian dua puluh tujuh orang perempuan dan sebelas orang laki-laki dengan asal universitas yang berbeda di Makassar. Hasil penelitian menunjukkan jenis-jenis catcalling pada tanda verbal yang dengan menggunakan teori Ferdinnad Saussure adalah Love Flirty Words (LFW), Flattery Flirty Words (FFW), dan Desire Flirty Word (DFW) sedangkan jenis-jenis catcalling pada tanda non-verbal dengan menggunakan teori Charles Sanders Pierce adalah Personal Touch (PT), Intimate Contact (IC), dan Body Proximity (BP). Penyebab terjadinya catcalling oleh laki-laki kepada perempuan di Makassar didasari oleh Menarik perhatian, Budaya Parthisme, Pemenuhan Kebutuhan Biologis, dan Tontonan Media Sosial. Untuk mengatasi penolakan terhadap catcalling, perempuan harus memiliki strategi seperti Mengabaikan Pelaku, Melawan Pelaku, Melaporkan ke Polisi, Pergi, Tempat Rawan Catcalling, Berpura-pura Menelepon Keluarga, dan Menegur dengan Suara Keras.

Keywords : Catcalling, Semiotika, Perempuan, Tanda Verbal dan Tanda Nonverbal

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Catcalling, Semiotics, Women, Verbal sign and Nonverbal sign
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Apr 2024 02:03
Last Modified: 04 Apr 2024 02:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31576

Actions (login required)

View Item
View Item