Af'al, Wihdatul (2023) TINDAK TUTUR ASERTIF GURU DALAM SOSIALISASI PROGRAM PAUD KEPADA ORANG TUA SISWA DI TK KUNCUP MEKAR PITULUA KABUPATEN KOLAKA UTARA PROVINSI SULAWESI TENGGARA = The Teachers’ Assertive Speech Acts in Early Childhood Education Programs Socialization to Students’ Parents at Kindergarten “Kuncup Mekar Pitulua”, North Kolaka Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
F012211005_tesis_09-11-2023 CAVER1.jpg
Download (206kB) | Preview
F012211005_tesis_09-11-2023 BAB 1-2.pdf
Download (2MB)
F012211005_tesis_09-11-2023 DP.pdf
Download (100kB)
F012211005_tesis_09-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 December 2025.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Tindak tutur asertif memiliki peran penting dalam proses komunikasi khususnya kegiatan sosialisasi untuk mengekspresikan pernyataan, penyampaian, dan pemberitahuan akan topik sosialisasi yang dibicarakan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur dengan menitikberatkan pembahasan pada tindak tutur asertif guru dalam sosialisasi program PAUD kepada orang tua siswa di TK Kuncup Mekar Pitulua. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode simak yang dipadupadankan dengan teknik rekam dan teknik catat. Tuturan-tuturan yang disimak tersebut dikhususkan pada tuturan yang mengandung bentuk dan fungsi tindak tutur asertif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dan kajian pragmatik berdasarkan teori bentuk tindak tutur Wijana dan teori fungsi tindak tutur Searle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat bentuk tindak tutur yang ditemukan, yaitu tindak tutur langsung literal, tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur tidak langsung literal, dan tindak tutur tidak langsung tidak literal. Hasil penelitian juga menemukan enam fungsi tuturan asertif, yaitu fungsi memberitahukan, fungsi menyatakan, fungsi menyarankan, fungsi mengeluhkan, fungsi melaporkan dan fungsi membanggakan.
Kata kunci: tindak tutur asertif, pragmatik, tuturan, sosialisasi, guru, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Assertive speech act, Pragmatics, Utterance, Socialization, Teacher, Early Childhood Education (ECA) |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Linguistik |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 04:17 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 04:17 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31562 |