Inriany, Resky (2023) Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia dalam Serial Drama Ustad Milenial: Kajian Pragmatik = Imperative Indonesian Politeness in The Ustad Millenial Drama Series: a Pragmatic Study. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
F011191030_skripsi_09-11-2023 CAVER1.jpg
Download (269kB) | Preview
F011191030_skripsi_09-11-2023 BAB 1-2.pdf
Download (1MB)
F011191030_skripsi_09-11-2023 DP.pdf
Download (404kB)
F011191030_skripsi_09-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 December 2025.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
RESKY INRIANY.Kesantunan Imperaif Bahasa Indonesia dalam Serial Drama Ustad Milenial: Kajian Pragmatik (dibimbing oleh Tadjuddin Maknun dan Lukman)
Tujuan penelitian ini memaparkan dua hal, yakni: 1) mengklasifikasikan bentuk kesantunan imperatif dan 2) mendeskripsikan makna kesantunan imperatif yang ada dalam serial drama Ustad Milenial.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan pragmatik. Data dari penelitian ini bersumber dari serial drama Ustad Milenial. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu metode simak dengan teknik simak bebas cakap dan teknik catat. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 yang kemudian dijadikan sebagai sampel total.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesantunan imperatif diklasifikasikan dengan bentuk kalimat imperatif, kalimat deklaratif dan kalimat introgatif. Dari klasifikasi bentuk kesantunan imperatif tersebut, kemudian dideskripsikan makna kesantunan imperatif dengan makna perintah, makna permintaan, makna suruhan, dan makna larangan.
Kata kunci: kesantunan imperatif, serial drama Ustad Milenial, pragmaik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | imperative politeness, Ustad Millennial drama series, pragmatic. |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 04:09 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 04:09 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31549 |