Peran Badan Usaha Milik Desa Dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Desa di Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo = The Role of Village-Owned Enterprises in the Achievement of Village Sustainable Development Goals (SDGs) in Gilireng District, Wajo Regency


Kalsum, Umi (2023) Peran Badan Usaha Milik Desa Dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Desa di Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo = The Role of Village-Owned Enterprises in the Achievement of Village Sustainable Development Goals (SDGs) in Gilireng District, Wajo Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051191059_skripsi_14-11-2023 caver1.jpg

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051191059_skripsi_14-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051191059_skripsi_14-11-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051191059_skripsi_14-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 December 2025.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

UMI KALSUM, Nomor Induk Mahasiswa E051191059, Program studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Skripsi yang berjudul “Peran Badan Usaha Milik Desa Dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Desa di Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo” , di bawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Nurlinah, M.Si sebagai Pembimbing Utama dan Bapak Dr. Andi Lukman Irwan, M.Si sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana peran BUMDes dalam mencapai tujuan SDGs desa ke-8 yaitu pertumbuhan ekonomi desa merata. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan dan pengelolaan BUMDes dalam Pencapaian SDGs Desa ke-8 serta faktor -faktor yang mempengaruhi peran BUMDes dalam mencapai SDGs Desa tujuan ke-8 di Kecamatan Gilireng. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah kualitatif deskriptif. Metode penelitian ini berusaha untuk melihat, memahami dan menganalisis bagaimana kinerja BUMDes dalam upaya mencapai pertumbuhan ekonomi desa yang merata. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, studi kepustakaan dan studi dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan seperti masih kurangnya sumbangsih BUMDes dalam meningkatkan Pedapatan Asli Desa (PAD) serta BUMDes belum mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa. BUMDes di Kecamatan Gilireng belum mampu mendorong pencapain SDGs Desa karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kompetensi sumber daya manusia yang masih terbatas serta kondisi eksternal meluputi faktor ekonomi dan politik. BUMDes di Kecamatan Gilireng memiliki potensi serta peluang untuk menjadi pilar pengembangan ekonomi desa. oleh karena itu diperlukan peran pemerintah terkait untuk meningkatkan kualifikasi pengelola BUMDes di Kecamatan Gilireng.

Keywords : BUMDes, SDGs Desa, ekonomi desa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BUMDes, Village SDGs, village economy
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:33
Last Modified: 28 Mar 2024 03:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31521

Actions (login required)

View Item
View Item