Analisis Tingkat PM1, PM2.5, Dan PM10 pada Halte Bus Di Universiti Kebangsaan Malaysia = Analysis of PM1, PM2.5, and PM10 Levels at Bus Stops in Universiti Kebangsaan Malaysia


Salsabila, Putri Humaira (2023) Analisis Tingkat PM1, PM2.5, Dan PM10 pada Halte Bus Di Universiti Kebangsaan Malaysia = Analysis of PM1, PM2.5, and PM10 Levels at Bus Stops in Universiti Kebangsaan Malaysia. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D131191064_skripsi_16-11-2023 caver1.jpg

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D131191064_skripsi_16-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D131191064_skripsi_16-11-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D131191064_skripsi_16-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 December 2025.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

PUTRI HUMAIRA SALSABILA. Analisis Tingkat PM1, PM2.5, Dan PM10 Pada Halte Bus Di Universiti Kebangsaan Malaysia (dibimbing oleh Muralia Hustim dan Zarah Arwieny Hanami)

Pencemaran udara merupakan masalah global yang dihadapi sebagian besar negara di dunia. Di antaranya adalah Malaysia. Dewasa ini, penduduk kota besar memilih untuk berkendara dengan kendaraan pribadi meskipun sudah banyak
transportasi umum yang layak. Hal ini berdampak pada peningkatan pencemar di udara akibat banyaknya kendaraan bermotor. Salah satunya di Universiti Kebangsaan Malaysia yang ramai oleh kendaraan pribadi serta shuttle bus yang
berkeliling di dalam area kampus.
Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis tingkat konsentrasi Particulate Matter (PM1, PM2.5, dan PM10) pada halte bus di UKM, menganalisis hubungan tingkat konsentrasi PM1, PM2.5, dan PM10 dengan volume kendaraan, menganalisis hubungan tingkat konsentrasi PM1, PM2.5, dan PM10 dengan
temperatur dan kelembapan udara.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun parameter yang diamati yaitu konsentrasi Particulate Matter (PM1, PM2.5, dan PM10), volume kendaraan, temperatur, dan kelembapan udara menggunakan sensor portable ASLUNG.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 22 untuk mengetahui hubungan antar parameter.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konsentrasi PM1 berkisar dari 7.40 ± 0.95 μg m-3 hingga 22.13 ± 4.47 μg m-3, tingkat konsentrasi PM2.5 dari 10.30 ±1.09 μg m-3 hingga 31.83 ± 5.92 μg m-3 (Baik hingga Sedang), dan tingkat
konsentrasi PM10 dari 12.02 ± 1.25 μg m-3 hingga 36.48 ± 8.31 μg m-3 (Baik) (BMKG, 2023), volume kendaraan ringan, kendaraan berat, dan sepeda motor berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi PM1, PM2.5, dan PM10 yang ditunjukkan
oleh nilai koefisien korelasi (R) berkisar dari 0.861 hingga 0.886 (sangat kuat) untuk kendaraan ringan, sedangkan untuk kendaraan berat nilai R dari 0.694 hingga 0.749 (kuat), serta untuk sepeda motor nilai R dari 0.619 hingga 0.698
(kuat), adapun temperatur dan kelembapan udara berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi PM1, PM2.5, dan PM10 yang ditunjukkan oleh nilai R dari 0.360 hingga 0.385 (rendah) untuk temperatur, sedangkan untuk kelembapan udara nilai
R dari 0.514 hingga 0.547 (sedang).

Kata Kunci: Konsentrasi PM, Volume Kendaraan, Temperatur dan Kelembapan Udara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PM Concentration, Vehicle Volume, Temperature and Humidity
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:04
Last Modified: 26 Mar 2024 03:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31485

Actions (login required)

View Item
View Item