Analisis Keselamatan Crew pada Kapal KMP New Camellia Rute Siwa-Tobaku dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA) = Analysis of Crew Safety on the KMP New Camellia Ship on the Siwa-Tobaku Route Using the Job Safety Analysis (JSA) Method


At-thariqh, Muh. Fikri (2023) Analisis Keselamatan Crew pada Kapal KMP New Camellia Rute Siwa-Tobaku dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA) = Analysis of Crew Safety on the KMP New Camellia Ship on the Siwa-Tobaku Route Using the Job Safety Analysis (JSA) Method. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D091171504_skripsi_08-08-2023 caver1.jpg

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D091171504_skripsi_08-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D091171504_skripsi_08-08-2023 dp.pdf

Download (62MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D091171504_skripsi_08-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 December 2025.

Download (65MB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Fikri At – Thariqh “ Analisis Keselamatan Crew Pada Kapal KMP. New Camellia Rute Siwa – Tobaku Dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA) ” dibimbing oleh Surya Hariyanto, ST., MT dan Andi Husni Sitepu, ST., MT.
Jumlah kasus kecelakaan kapal adalah salah satu indikasi perlunya perbaikan sistem transportasi laut, dalam hal ini. Salah satu upaya untuk mencegah dan meminimalisir kecelakaan kerja dengan menerapkan Job Safety Analysis ( JSA ) dengan mengikuti prosedur, melakukan pengisian form JSA dan melakukan kegiatan sesuai dengan potensi bahaya yang dibuat dengan JSA. Keselamatan adalah faktor yang paling penting dalam segala aktifitas manusia keselamatan di laut terutama pada kapal merupakan hal yang harus diperhatikan. Semakin berkembangnya teknologi tentunya akan mengakibatkan konsekuensi yang serius kedepannya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini mengetahui jenis kecelakaan dengan nilai risiko paling besar di kapal KMP. New Camellia, memperoleh dampak yang ditimbulkan dari kecelakaan Crew dengan risiko tinggi, memperoleh sebuah rekomendasi yang dilakukan untuk mengurangi kecelakaan kapal KMP. New Camellia dengan menggunakan metode Job Safety Analysis ( JSA ). Penelitian ini menggunakan metode observasi research dengan cara survey yaitu penelitian yang dilaksanakan oleh penulis secara langsung turun ke lapangan pencatatan secara sistematis kemudian dilakukan mengambil data yang dikumpulkan. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah crew yang melakukan pekerjaan di KMP. New Camellia. Sumber data penelitian ini diperoleh dari lapangan baik data langsung. Data langsung yang dimaksud yaitu data yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner, wawancara, dan pengamatan pada objek penelitian. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah sumber bahaya yang terindifikasi yaitu 100% dan Kecelakaan yang memiliki nilai risiko paling besar diantara crew KMP. New Camellia yaitu Mualim III pada saat jaga navigasi 08.00 – 12.00 dengan skor 24 dan KKM saat pengecekan suhu pada mesin induk dengan skor 24. Risiko tinggi yang ditimbulkan dari kecelakaan kedua crew ini diantaranya menimbulkan bahaya navigasi seperti oleng dan kandasnya kapal dan ledakan diruang kamar mesin. Tindakan dan evaluasi pengendalian potensi bahaya dan risiko setiap crew KMP. New Camellia adalah pengendalian mengikuti Standar Operasional Prosedur ( SOP ) dan Instruksi Kerja serta penggunaan Alat Perlindungan Diri ( APD ).

Keywords : Keselamatan, risiko dan bahaya, job safety analysis, pengendalian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Safety, risk and hazard, job safety analysis, control
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:07
Last Modified: 19 Dec 2023 02:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31427

Actions (login required)

View Item
View Item