ANALISIS TARIF PADA KEGIATAN STEVEDORING DI TERMINAL PETIKEMAS NEW MAKASSAR = TARIFF ANALYSIS ON STEVEDORING ACTIVITIES AT TERMINAL PETIKEMAS NEW MAKASSAR


Ramadani, Fitria (2022) ANALISIS TARIF PADA KEGIATAN STEVEDORING DI TERMINAL PETIKEMAS NEW MAKASSAR = TARIFF ANALYSIS ON STEVEDORING ACTIVITIES AT TERMINAL PETIKEMAS NEW MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D081191052_skripsi_16-11-2023 caver1.jpg

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D081191052_skripsi_16-11-2023 bab 1-2.pdf

Download (819kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D081191052_skripsi_16-11-2023 dp.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D081191052_skripsi_16-11-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 December 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Produktivitas pelayanan suatu Pelabuhan dapat ditentukan oleh kuantitas pelayanan kapal dalam kegiatan bongkar muat. Kegiatan yang dilakukan setelah kapal bertambat di dermaga adalah kegiatan bongkar muat yang disebut stevedoring. Stevedoring merupakan pekerjaan membongkar barang dari kapal ke dermaga, tongkang, atau truk atau sebaliknya. Pelayanan yang baik dapat tercapai apabila kualitas pelayanan serta tarif yang dikenakan sesuai dengan ketentuan dan telah disepakati. Penentuan tarif yang terlalu kecil dapat mengakibatkan kerugian karena biaya operasional tidak tertutupi, namun tarif yang terlalu tinggi dapat merugikan pengguna jasa. Penelitian ini menganalisis tarif bongkar muat khususnya kegiatan stevedoring di Terminal Petikemas New Makassar yang berfokus pada komponen-komponen perhitungan tarif, sehingga dapat diketahui berapa besar tarif untuk kegiatan bongkar muat stevedoring. Dilanjutkan dengan menganalisis berapa besar pengaruh tarif stevedoring terhadap tarif paket berlaku di Terminal Petikemas New Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan merupakan data primer yang didapatkan dengan cara mengamati dan mewawancarai langsung tenaga kerja terkait komponen perhitungan tarif. Data sekunder diperoleh dengan mengutip dokumen pedoman dasar perhitungan tarif pelayanan jasa bongkar muat dan data Terminal Petikemas New Makassar. Data komponen pengaruh tarif yang telah didapatkan selanjutnya dianalisis dan dilanjutkan dengan melakukan perhitungan tarif stevedoring. Tarif kegiatan Stevedoring selanjutnya dibandingkan dengan tarif paket petikemas untuk mengetahui besarnya pengaruh tarif stevedoring terhadap tarif paket yang berlaku di Terminal Petikemas New Makassar.
Hasil analisis diketahui bahwa komponen perhitungan tarif stevedoring terdiri dari; upah tenaga kerja, kesejahteraan tenaga kerja, asuransi, administrasi koperasi tenaga kerja, supervisi, alat bongkar muat (container crane), administrasi perusahaan bongkar muat, faktor koefisien dan produktivitas bongkar muat. Berdasarkan perhitungan biaya tarif dengan komponen-komponen tersebut dapat diketahui bahwa tarif kegiatan stevedoring per box yaitu sebesar Rp.119.608,89,-Dengan pengaruh sebesar 14,86% untuk tarif paket petikemas 20 ft dan 9,91% untuk tarif paket petikemas 40 ft.

Keywords : Stevedoring, Tarif, komponen perhitungan tarif, petikemas, bongkar muat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stevedoring, stevedoring tariff, loading and unloading, tariff calculation components, containers.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:50
Last Modified: 25 Mar 2024 06:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31408

Actions (login required)

View Item
View Item