MENINGKATKAN PERAN DOSEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI MODEL E-LEARNING DI DIII KEBIDANAN UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR


Mirna, Mirna (2021) MENINGKATKAN PERAN DOSEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI MODEL E-LEARNING DI DIII KEBIDANAN UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102191013_tesis Cover1.png

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1 dan 2] Text (Bab 1 dan 2)
P102191013_tesis I-II.pdf

Download (789kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P102191013_tesis DP.pdf

Download (798kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102191013_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Mirna. Meningkatkan Peran Dosen dalam Proses Pembelajaran Melalui Model E-Learning di D-III Kebidanan Universitas Megarezky Makassar (dibimbing oleh Yusring Sanusi Baso dan Sri Ramadany)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan peran dosen dalam proses pembelajaran melalui model e-learning di DIII Kebidanan Universitas Megarezky Makassar dengan melihat hasil evaluasi dosen sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Indonesia Kuliah Online.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain rangkaian waktu (time series design) dengan melakukan pengukuran sebelum dan sesudah perlakuan (pre-test dan post-test), yaitu membandingkan apakah peran dosen dalam proses pembelajaran melalui e-learning meningkat antara sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan aplikasi Indonesia Kuliah Online. Penelitian dilakukan dari tanggal 5 November sampai tanggal 5 Desember 2020 dengan sampel sebanyak 7 dosen.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran melalui model e-learning terhadap meningkatnya peran dosen. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran e-learning telah di terapkan oleh dosen D-III kebidanan Universitas Megarezky melalui situs https://indonesiakuliahonline.com dan terdapat perbedaan hasil evaluasi dosen sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Indonesia Kuliah Online sebagai alternatif pembelajaran melalui model e-learning sehingga penggunaan aplikasi Indonesia Kuliah Online ini dapat menigkatkan peran dosen dalam proses pembelajaran melalui model e-learning.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: e-learning, Indonesia Kuliah Online, peran dosen
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Depositing User: sangiasseri abubakar
Date Deposited: 09 Mar 2021 08:07
Last Modified: 09 Mar 2021 08:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/3139

Actions (login required)

View Item
View Item