ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Perangkat Daerah Kabupaten Toraja Utara) = ANALYSIS OF FACTORS EFFECTING THE QUALITY OF FINANCIAL REPORT OF LOCAL GOVERNMENT WITH INTERNAL CONTROL SYSTEM AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT AS MODERATION VARIABELS (Case Study on Regional Apparatuses of Toraja Utara Regency)


Padang, Milka (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Perangkat Daerah Kabupaten Toraja Utara) = ANALYSIS OF FACTORS EFFECTING THE QUALITY OF FINANCIAL REPORT OF LOCAL GOVERNMENT WITH INTERNAL CONTROL SYSTEM AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT AS MODERATION VARIABELS (Case Study on Regional Apparatuses of Toraja Utara Regency). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A062211035_tesis_01-08-2023 caver1.jpg

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A062211035_tesis_01-08-2023 bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A062211035_tesis_01-08-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A062211035_tesis_01-08-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 December 2025.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

MILKA PADANG. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dengan Sistem Pengendalian Internal dan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Moderasi. (dibimbing oleh Andi Kusumawati dan Darmawati) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh standar akuntansi pemerintah dan peran internal audit terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yang dimoderasi oleh sistem pengendalian internal dan komitmen organisasi. Penelitian ini dilakukan di 28 Perangkat Daerah Kabupaten Toraja Utara. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik sensus/survey, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel penelitian, sehingga jumlah sampel sebanyak 84 orang. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori institutional dan teori stewardhip. Penelitian ini menggunakan data primer dengan metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA).
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) standar akuntansi pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah; (2) peran internal audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah; (3) sistem pengendalian internal dapat memperkuat hubungan antara standar akuntansi pemerintah dengan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah; (4) komitmen organisasi dapat memperkuat hubungan antara peran internal audit terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pemerintah Kabupaten Toraja Utara untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan.

Keywords : Standar akuntansi pemerintah, peran internal audit, sistem pengendalian internal, komitmen organisasi, kualitas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: government accounting standards, the role of internal audit, internal control systems, organizational commitment, quality of financial reports.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:04
Last Modified: 25 Mar 2024 03:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31377

Actions (login required)

View Item
View Item