SINTESIS DAN KARAKTERISASI POLIMER BERCETAKAN MOLEKUL SEBAGAI ADSORBEN DIBUTIL FTALAT DENGAN MENGGUNAKAN MONOMER METAKRILAMIDA DAN PENGIKAT SILANG ETILEN GLIKOL DIMETAKRILAT


Mubarika, Sulfa (2023) SINTESIS DAN KARAKTERISASI POLIMER BERCETAKAN MOLEKUL SEBAGAI ADSORBEN DIBUTIL FTALAT DENGAN MENGGUNAKAN MONOMER METAKRILAMIDA DAN PENGIKAT SILANG ETILEN GLIKOL DIMETAKRILAT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H031191056_skripsi_30-10-2023 bab 1-2.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H031191056_skripsi_30-10-2023 caver1.jpg

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
H031191056_skripsi_30-10-2023 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Image (Full text)
H031191056_skripsi_30-10-2023 caver1.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)

Abstract (Abstrak)

Molecularly Imprinted Polymer (MIP) atau polimer bercetakan molekul merupakan polimer yang memiliki rongga serta kemampuan untuk mengikat molekul target secara reversibel sehingga dapat digunakan sebagai absorben dalam proses pemisahan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan sintesis, karakterisasi dan analisis dari optimasi kinerja MIP. Material MIP disintesis menggunakan metode polimesasi presipitasi yang didasarkan pada pencampuran larutan dengan menggunakan metakrilamida (MAM) sebagai monomer dan pengikat silang etilen glikol dimetakrilat (EGDMA) serta dibutil ftalat (DBP) sebagai molekul cetakan pada proses polimerisasi. Material MIP dikarakterisasi menggunakan SEM-EDS, spektrofotometer FTIR, SAA, dan Spektrofotometer UV-Vis. Variabel uji kemampuan adsorpsi material MIP terhadap senyawa DBP adalah waktu dan konsentrasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa MIP yang telah disintesis merupakan padatan putih yang berbentuk butiran halus. Hasil karakterisasi dengan EDS menunjukan adanya penurunan massa atom karbon dan persen atom karbon yang menandakan terekstraknya DBP dari MIP_DBP_MAM-co-EGDMA(TE) dan karakterisais dengan SEM menunjukan morfologi permukaan butiran bulat kecil yang cenderung seragam.Gugus fungsi yang berpengaruh pada pembentukan polimer yang diperoleh dari data FTIR adalah gugus amina, gugus karboksil dan gugus alkena. Karakterisais dengan SAA menunjukan luas permukaan spesifik pada MIP_DBP_MAM-co-EGDMA(TE). Adsorpsi MIP_DBP_MAM-co-EGDMA(TE) terhadap DBP sesuai dengan model kinetika orde dua semu. Adsorpsi MIP_DBP_MAM-co-EGDMA(TE) sesuai dengan isotemal adsorpsi Langmuir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: dibutil ftalat, etilen glikol dimetakrilat, metakrilamida, molecularly imprinted polymer, polimer.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Kimia
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:09
Last Modified: 14 Dec 2023 03:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/31327

Actions (login required)

View Item
View Item